Pemprov Jateng Kucurkan Rp49 Miliar untuk Purworejo

Sabtu, 06 April 2019 - 23:00 WIB
Pemprov Jateng Kucurkan Rp49 Miliar untuk Purworejo
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo bersalaman dengan warga di Pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu (6/4/2019). FOTO/IST
A A A
PURWOREJO - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan kepada perseorangan maupun lembaga untuk tahun anggaran 2019 di Pendopo Kabupaten Purworejo, Sabtu (6/4/2019). Ganjar berharap bantuan tersebut bisa jadi pengungkit pemberdayaan masyarakat setempat.

Total bantuan yang diserahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tahun anggaran 2019 kepada masyarakat Kabupaten Purworejo sebesar Rp49 miliar. Yang diperuntukkan untuk sektor sosial, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, pemberdayaan dan lainnya. Bantuan tersebut diberikan setelah ada usulan dari masyarakat.

"Selanjutnya, kami ingin menyampaikan bagaimana caranya agar masyarakat menyampaikan aspirasinya. Maka mumpung ketemu, antara perangkat, kades, bupati, tumplek blek kita harapkan mereka semua akan membuka ruang aduan dan komunikasi," kata Ganjar.

Dengan terbukanya ruang Komunikasi tersebut, Ganjar berharap masyarakat akan mendapat kejelasan terkait kewenangan. Misalnya, soal jalan atau jembatan, dengan terbukanya ruang komunikasi masyarakat akan mengerti apakah itu jalan atau jembatan wewenang pemerintah pusat, provinsi, kabupaten atau pun desa.

"Mekanisme ini mesti diketahui mereka. Dengan begitu akhirnya kita bisa menemukan pemberdayaan di Purworejo yang ternyata di sini saja bisa mengolah buah lokal. Saya kaget, kalau manggis di sini itu biasa, tapi ini markisa. Yang biasanya di Sulawesi Selatan, ternyata di sini ada," katanya.

Selain pertanian, ada juga pemberdayaan para korban banjir beberapa waktu lalu. Mereka, menurut Ganjar, telah diberi pelatihan membuat gula semut. Pemberdayaan tersebut termasuk dalam deretan bantuan yang diberikan Pemprov Jateng tahun anggaran 2019.

"Korban-korban bencana di Purworejo yang 800 orang itu dikumpulkan dan membuat gula semut dan sekarang ekspor. Mereka butuh fasilitasi dan itu tugas kita. Nah bisa kita sampaikan pada saat ini, ini lho ada bantuan, ini lho caranya, ini lho yang akan mendampingi," katanya.

Untuk bantuan Pemprov Jateng pada tahun anggaran 2019, Kabupaten Purworejo menerima bantuan mencapai Rp49 miliar. Di antaranya digunakan untuk pembangunan Jembatan Sejiwan Rp5 miliar, pembangunan pasar khusus beras Kutoarjo senilai Rp2,5 miliar sampai peningkatan Jalan Durensari Rp1,5 miliar serta pembangunan sejumlah sekolah dan pondok pesantren.

Sementara tahun sebelumnya, total bantuan mencapai Rp180.832.821.000. Peruntukannya pun hampir sama, untuk pembangunan infrastruktur, pendidikan, sosial sampai kesehatan. Untuk pendidikan misalnya, Pemprov Jateng telah mengucurkan pembangunan 45 sekolah senilai Rp124,5 miliar, RTLH 1369 unit senilai Rp13,69 miliar, 474 Kartu Jateng Sejahtera (KJS) senilai Rp1,4 miliar dan bantuan keuangan pada Pemkab Rp11,1 miliar.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7931 seconds (0.1#10.140)