SMK Citra Medika Sragen Terapkan Ujian Berbasis Ponsel Pintar

Sabtu, 06 April 2019 - 16:25 WIB
SMK Citra Medika Sragen Terapkan Ujian Berbasis Ponsel Pintar
Siswa SMK Citra Medika Sragen mengerjakan ujian penilaian tengah semester dengan menggunakan ponsel pintar, Sabtu (6/4/2019). FOTO/iNews/JOKO PIROSO
A A A
SRAGEN - SMK Citra Medika Sragen mulai menerapkan ujian sekolah berbasis smartphone pada momentum penilaian tengah semester untuk kelas X dan XI. Aplikasi ini dinilai mempermudah pengawasan dan pengolahan data nilai para peserta ujian.

Saat sejumlah media di Sragen mengunjungi sekolah tersebut, tampak dalam suatu ruang ujian para siswa sibuk dengan gadget-nya masing-masing. Di meja belajar yang tampak hanya kertas ujian dan smartphone masing-masing siswa. Mereka tampak fokus dan serius menggerjakan dengan harapan mendapat nilai terbaik.

Salah satu siswi SMK Citra Sragen, Anggita Rahmawati mengatakan, penerapan ujian berbasis smartphone memudahkan siswa. Sebab, mereka tidak harus menggunakan alat tulis untuk menjawab soal yang diberikan.

"Jadi tidak perlu coret-coret jawabannya. Bahkan jawabannya bisa diganti tanpa harus mencoret," kata Anggita kepada wartawan, Sabtu (6/4/2019).

Sementara itu, Kepala SMK Citra Medika Sragen, Nano Priyanto menjelaskan, sistem ini baru dilaksanakan di sekolah wilayah Sragen. Penerapan sistem ini diakuinya terinspirasi dari ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Namun sistem yang dikembangkan SMK Citra Medika lebih simpel dan efektif karena menggunakan ponsel pintar. Aplikasi ini bisa diunduh di Playstore atau ponsel Android.

"Ujian Penilaian Tengah Semester (PTS) berbasis IT atau smartphone dilaksanakan sampai 18 April nanti," katanya.

Peserta ujian PTS berbasis smartphone ini sebanyak 550 siswa kelas X dan XI. Untuk siswa kelas XII tetap mengikuti langkah pemerintah yakni menggunakan komputer pada saat UBNBK lalu. Di sekolah juga menyediakan dua laboratorium komputer dengan total 50 komputer.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4017 seconds (0.1#10.140)