Panglima TNI Resmikan Monumen Pesawat MIG 17 Fresco di Banyumas

Sabtu, 06 April 2019 - 14:50 WIB
Panglima TNI Resmikan Monumen Pesawat MIG 17 Fresco di Banyumas
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat peresmian Monumen Pesawat MIG 17 Fresco di Alun-Alun Banyumas, Sabtu (6/4/2019). FOTO/IST
A A A
BANYUMAS - Monumen Pesawat MIG 17 Fresco adalah bukti sejarah bahwa kita sebagai bangsa besar yang senantiasa menghargai jasa para pahlawan yang telah berjuang bagi kemerdekaan Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dalam sambutannya pada acara peresmian Monumen Pesawat MIG 17 Fresco bertempat di Alun-Alun Banyumas, Sabtu (6/4/2019).

Turut hadir dalam acara tersebut di antaranya Wakapolri Komjen Ari Dono Sukmanto, Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI M Effendi, Asisten Logistik (Aslog) Panglima TNI Marsda TNI Kukuh Sudibyanto, Kapusbintal TNI Laksma TNI Budi Siswanto, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono, Bupati Banyumas, KH Musthofa Aqil Siraj, Habib Alwi Al-Habsy.

Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Bupati Banyumas, seluruh masyarakat Banyumas. "Berkat dukungan semua pihak sehingga pembangunan ini dapat berjalan lancar dam diselesaikan dengan baik," ucap Hadi.

Dia menyampakan bahwa sekarang ini Alun-Alun Banyumas memiliki sebuah pesawat legendaris milik TNI AU, MIG 17 Fresco. Pesawat asal Rusia ini, pernah digunakan TNI AU pada tahun 1960-1969.

"Pesawat ini sangat berjasa bagi Republik Indonesia, khususnya saat pembebasan Irian Barat dari tangan Belanda. Saat itu, pesawat MIG 17 inilah yang di antaranya membuat Belanda memperhitungkan kekuatan Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), yang berada pada urutan keempat dunia waktu itu," katanya.

Pihaknya berharap dengan kehadiran Monumen Pesawat Mig 17 Fresco dapat meningkatkan kebanggaan masyarakat akan TNI dan menumbuhkan kecintaan kepada Tanah Air serta semangat kejuangan kita semua. "Semoga pesawat ini menjadi inspirasi bagi generasi muda bangsa, untuk menjadi penjelajah dan pelindung angkasa Nusantara," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6701 seconds (0.1#10.140)