Mana yang Lebih Baik Gantikan Nasi, Jagung atau Kentang?

Sabtu, 06 April 2019 - 09:15 WIB
Mana yang Lebih Baik Gantikan Nasi, Jagung atau Kentang?
Jagung dan kentang kerap menjadi pilihan bag mereka yang tidak ingin makan nasi, tetapi mana yang lebih baik di antara keduanya? Foto/IST
A A A
JAKARTA - Banyak orang saat ini menjalani diet nasi untuk menurunkan berat badan atau menjaga kesehatan. Mereka tidak mengonsumsi atau membatasi makan nasi dan menggantinya dengan sumber karbohidrat lainnya.

Jagung dan kentang sering menjadi pilihan bagi mereka yang menghindari nasi. Namun, di antara keduanya, mana yang lebih baik?

Jagung dan kentang merupakan sumber karbohidrat yang populer. Meski begitu, kandungan nutrisi keduanya ternyata berbeda. Berdasarkan keterangan pers yang diterima SINDOnews, jika dibandingkan, setiap 100 gram jagung mengandung 366 kalori, 69,1 gram karbohidrat, dan 9,8 gram protein. Sementara, 100 gram kentang mengandung 62 kalori, 13,5 gram karbohidrat, dan 2 gram protein.

Dalam jumlah yang sama, kentang tidak mengandung lemak sedangkan jagung mengandung 7,3 gram lemak. Kedua bahan makanan ini juga masih memiliki kandungan lain, seperti serat, beberapa vitamin, dan mineral, namun dalam jumlah yang berbeda. Lalu, mana yang lebih baik untuk menggantikan nasi?

Dilihat dari kebutuhan karbohidrat, jagung mengandung 28-80% kebutuhan karbohidrat harian. Sementara, kentang mampu memenuhi sekitar 66-90% kebutuhan karbohidrat harian. Keduanya sama-sama mengandung gula sederhana yang kecil.

Meski mengandung gula sederhana yang rendah, indeks glikemik jagung bisa dikatakan lebih baik, utamanya jika mau digunakan sebagai pengganti nasi.

Berdasarkan tabel indeks glikemik dari Harvard Medical School, nilai indeks glikemik dari 100 gram jagung adalah sekitar 46. Sedangkan 100 gram kentang memiliki indeks glikemik 78. Jagung juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan nasi yang sekitar 73.

Meski lebih baik dalam menjaga kadar gula darah, sehat tidaknya akan tetap bergantung dari cara mengolahnya. Apalagi semakin lama makanan dimasak, akan semakin tinggi pula indeks glikemiknya. Sebaiknya, olah kentang atau jagung dengan direbus atau dipanggang. Hal ini dapat menjaga sebagian besar nutrisinya.

Manusia memiliki kebutuhan gizi harian. Untuk memenuhinya, sekalipun mengganti jenis karbohidrat, Anda tetap harus mengetahui takarannya. Agar setara dengan nasi sebanyak 100 gram, disarankan untuk makan 3 buah jagung berukuran sedang atau setara dengan 125 gram. Untuk kentang, disarankan makan 210 gram kentang.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.1137 seconds (0.1#10.140)