Panglima TNI dan Kapolri Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu di Solo

Jum'at, 05 April 2019 - 18:33 WIB
Panglima TNI dan Kapolri Cek Kesiapan Pengamanan Pemilu di Solo
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian saat mengecek kesiapan pasukan di lapangan Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jumat (5/4/2019). FOTO/SINDOnews/ARY WAHYU WIBOWO
A A A
SOLO - Gelar Pasukan Kesiapan Pemilu 2019 di Soloraya dihadiri Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal (Pol) Tito Karnavian di lapangan Lanud Adi Soemarmo, Solo, Jumat (5/4/2019). Keduanya memeriksa langsung kesiapan personel yang ditugaskan di lapangan.

Apel dipimpin Pangdam IV/Diponegoro Mayjen Mochamad Effendi dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Condro Kirono. Setelah apel dimulai, Panglima TNI dan Kapolri langsung memeriksa barisan setiap satuan. Sejumlah pertanyaan dilontarkan kepada prajurit TNI maupun Polri yang ditugaskan. Seperti netralitas TNI, tugas masing masing satuan, hingga pengetahuan personel mengenai pemetaan pemilu di lokasi tugas.

Kapolri juga sempat bertanya kepada seorang Polwan yang memegang kendaraan patrol. Bahkan, Polwan itu juga sempat diminta untuk mempraktikkan naik kendaraan patrol yang memiliki berat 350 kg.

Dalam sambutannya, Mayjen Mochamad Effendi mengatakan, beberapa waktu sebelumnya telah dilaksanakan latihan-latihan. Namun diakui, masih ada beberapa kekurangan yang perlu diperbaiki. Dengan waktu yang ada, akan dilakukan pembenahan-pembenahan dan terus berlatih.

"Selain itu juga terus berkoordinasi antarsatuan dengan lainnya," kata Mochamad Effendi.

Sementara, apel gabungan TNI Polri Jawa Tengah diikuti oleh 3.300 pasukan. Antara lain berasal dari Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kostrad, Dirlantas Polda Jawa Tengah, dan jajaran Kodim dan Polres di Solo Raya.

Dalam pelaksanaan Pemilu, KOdam IV/Diponegoro mengarahkan 14.000 personel. Sedangkan dari Polda Jawa Tengah sebanyak 23.000 personel.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.1577 seconds (0.1#10.140)