alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bandara Baru Yogyakarta Akan Resmi Beroperasi 29 April 2019

INews.id
Bandara Baru Yogyakarta Akan Resmi Beroperasi 29 April 2019
New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan resmi beroperasi pada akhir April mendatang. Foto/iNews.id/Kuntadi

KULONPROGO - Bandara baru Yogyakarta atau New Yogyakarta International Airport (NYIA) akan mulai membuka penerbangan resmi akhir April mendatang. Saat ini tim verifikasi sedang menilai beberapa sarana dan prasarana yang menjadi syarat wajib.

"Sesuai space yang ada tanggal 29 April diresmikan," ujar General Manager (GM) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama, Jumat (5/4/2019).

Juru bicara proyek pembangunan NYIA tersebut mengungkapkan, tim penilai dan verifikasi berasal dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Verifikasi ini sudah dimulai sejak 4 April hingga 6 April 2019 mendatang.



Verifikasi ini meliputi fasilitas udara dan darat seperti runway, taxiway, hingga apron dan sarana pendukung lain yakni x-ray dan garbarata. Dari situlah akan muncul rekomendasi, termasuk kemungkinan kekurangan yang harus dipenuhi. Hasil mandatory ini juga menjadi acuan untuk operasional penerbangan.

"Satu atau dua minggu setelah rekomendasi kami harus sudah menindaklanjutinya," kata Pandu. (Baca juga: Angkasa Pura I Sebut Bandara NYIA Didesain Antitsunami)

Untuk persiapan penerbangan perdana, pengelola akan mengundang maskapai penerbangan dan airline untuk melakukan safety risk assessment pada 15 April 2019. Mereka di antaranya Garuda Indonesia, Silk Air, serta Air Asia yang telah membuka penerbangan di Bandara Adisutjipto.

Selain itu, beberapa tenan di Bandara Adisutjipto juga sudah siap mengisi tempat di NYIA. Termasuk mengakomodir para pelaku UMKM yang ada di Kulonprogo.

"Mereka akan kami ajak ke sini untuk melihat kesiapan penerbangan," ucapnya.

Pimpinan Proyek NYIA Tahuchid Hadi Purnomo menutukan, untuk mengejar target ini, pihaknya terus melakukan percepatan pembangunan. "Landasan pacunya ditarget sudah selesai semuanya 15 April mendatang," kata Hadi.

Menurutnya, ada tiga hal yang menjadi prioritas dalam mengejar target waktu, yakni menyangkut safety, security dan pelayanan. Tim safety akan mengaudit keamanan penerbangan. Sisi keamanan juga sudah kelar dan didukung sarana pendukung seperti X-ray dan kamera CCTV.

Sesuai jadwal yang ada, sebelum diresmikan Bandara NYIA akan dujicobakan pada 26 April 2019. Nantinya pesawat Boeing 737 milik TNI Angkatan Udara (AU) akan mendarat perdana untuk melakukan simulasi.



(AMM)

loading...