Warga Gembongan Meregang Nyawa Tertimpa Tanah Longsor

Kamis, 04 April 2019 - 11:37 WIB
Warga Gembongan Meregang Nyawa Tertimpa Tanah Longsor
Sejumlah warga Dusun Gembongan, Desa Brongkol, Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang kerja bakti membersihkan material tanah longsor yang menimpa rumah tetangganya, Maryaman, Kamis (4/4/2019). Foto/IST
A A A
SEMARANG - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Jambu, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah mengakibatkan tebing setinggi sekira 15 meter di Dusun Gembongan RT 01 RW 05 Desa Brongkol, Kamis (4/4/2019) sekitar pukul 03.00 WIB longsor. Material longsoran tanah menerjang rumah Mariyaman.

Akibatnya rumah rusak berat dan kerugian yang ditimbulkaan akibat kerusakan tersebut mencapai Rp100 juta. Tak hanya itu, salah seorang penghuni rumah Daryati (30) tewas tertimbun material longsoran tanah.

Kasubbag Humas Polres Semarang Iptu Budi Supraptono mengatakan, tebing setinggi 15 meter dengan panjang mencapai 30 meter yang berada di atas rumah korban longsor karena tergerus air hujan. Kondisi tanah yang gembur membuat tebing rawan longsor saat terjadi hujan deras.

“Penyebabnya faktor alam. Di samping itu, saluran pembuangan air di daerah tersebut juga kurang sempurna sehingga air hujan menggerus tanah,” terangnya.

Menurut Iptu Budi, berdasarkan keterangan sejumlah saksi, saat kejadian terdengar suara gemuruh yang cukup kencang. Beberapa warga langsung ke luar rumah dan melihat rumah korban sudah tertimbun tanah.

“Mereka langsung memberikan petolongan kepada penghuni rumah. Setelah dilakukan pemeriksaan ternyata ada warga yang tertimbun,” ujarnya.

Mengetahui ada yang tertimbun, sejumlah warga langsung melakukan pencarian. Selang beberapa waktu kemudian, korban berhasil dievakuasi. Namun korban dalam kondisi sudah meninggal dunia.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.8492 seconds (0.1#10.140)