Senjata Anti-Satelit India Ancaman bagi Dunia

Rabu, 03 April 2019 - 19:20 WIB
Senjata Anti-Satelit India Ancaman bagi Dunia
Pakistan menyebut senjata anti-satelit India atau ASAT menimbulkan ancaman serius bagi keamanan kawasan dan juga dunia internasional. Foto/Reuters
A A A
ISLAMABAD - Senjata anti-satelit India atau ASAT menimbulkan ancaman serius bagi keamanan kawasan dan juga dunia internasional. Pakistan juga menyebut bahwa hal ini dapat memicu perlombaan senjata luar angkasa.

Kementerian Luar Negeri Pakistan mengatakan, mereka telah meminta para pemimpin dunia untuk mengambil langkah-langkah guna menghentikan uji coba tersebut, karena mengabaikan dimensi militer dari tindakan-tindakan semacam itu akan mengganggu stabilitas perdamaian dan keamanan regional.

"Uji coba ASAT ini harus menjadi masalah yang memprihatinkan bagi masyarakat internasional tidak hanya dalam hal generasi puing-puing ruang tetapi juga karena konsekuensinya untuk keberlanjutan jangka panjang dari kegiatan ruang damai," kata kementerian itu.

"Itu juga akan salah untuk mengabaikan dimensi militer dari tindakan seperti itu dan implikasinya pada perdamaian, stabilitas dan keamanan global dan regional," kata Kemlu Pakistan dalam sebuah pernyataan.

Kementerian itu, seperti dilansir Sputnik pada Rabu (3/4), kemudian mengatakan bahwa Islamabad tetap merupakan pendukung kuat non-militerisasi ruang angkasa.

"Kami akan terus bekerja dengan negara-negara yang berpikiran sama untuk mengatasi kesenjangan dalam rezim hukum internasional yang mengatur eksplorasi dan penggunaan luar angkasa dengan tujuan untuk memastikan bahwa tidak ada yang mengancam kegiatan damai dan aplikasi teknologi ruang untuk pengembangan sosial-ekonomi. Dalam tidak adanya instrumen hukum yang kuat, negara-negara lain juga dapat mengikuti dengan menunjukkan kemampuan seperti itu," tukasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.1852 seconds (0.1#10.140)