Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai Demam Berdarah

Selasa, 01 Januari 2019 - 17:00 WIB
Musim Hujan, Masyarakat Diminta Waspadai Demam Berdarah
Masyarakat Salatiga diminta waspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada musim hujan ini. FOTO/ILUSTRASI/SINDOnews
A A A
SALATIGA - Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga Siti Zuraidah meminta masyarakat untuk mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada musim hujan ini. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes aegypti itu.

"Pada musim penghujan ini perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti meningkat. Dengan demikian, penyebaran penyakit DBD juga meningkat. Ini harus diantisipasi agar masyarakat tidak terjangkit DBD," katanya, Selasa (1/1/2019).

Menurut dia, upaya yang paling efektif untuk mencegah dan memutus penyebaran nyamuk aedes aegypti adalah dengan cara membersihkan lingkungan dan memberantas sarang nyamuk. Untuk itu, menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup sehat serta melakukan pemberantasan sarang nyamuk harus dilakukan mulai dari lingkungan rumah.

Dia menyatakan, tingginya curah hujan yang turun di wilayah Salatiga belakangan ini harus diwaspadai. Sebab air hujan yang menggenang di sembarang tempat bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk aeds aegypti dan lainnya yang bisa menjadi sumber penyakit.

"Karena itu, tempat-tempat yang bisa digenangi air hujan harus ditimbun agar tidak digunakan untuk berkembang biak nyamuk. Jika memang diperlukan, bisa dilakukan fogging," ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan data DKK Salatiga, jumlah penderita DBD pada 2018 mencapai sebanyak 26 orang. Kasus DBD pada 2018 meningkat sebanyak 13 kasus dari jumlah kasus pada 2017 sebanyak 13 kasus.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1872 seconds (0.1#10.140)