Pemkot Solo Gagas Bangun RSUD di Kecamatan Jebres

Selasa, 02 April 2019 - 23:25 WIB
Pemkot Solo Gagas Bangun RSUD di Kecamatan Jebres
Pemkot Solo terus berusaha membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) di setiap kecamatan. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
SOLO - Pemkot Solo terus berusaha membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) di setiap kecamatan. Setelah RSUD Ngipang di Kecamatan Banjarsari, dan RSUD Semanggi di Kecamatan Pasar Kliwon, Pemkot berencana membangun RSUD di Kecamatan Jebres.

Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo (Rudy) mengemukakan, RSUD di Jebres rencananya dibangun di bekas makam Bong Mojo, Mipitan. RSUD diproyeksikan memiliki 200 bed untuk merawat pasien. "Saat ini tengah proses pemindahan makam ke lokasi lain. Beberapa makam telah dipindah oleh ahli waris," kata Rudy, Selasa (2/4/2019). Sisanya yang belum dipindah adalah yang ahli warisnya sudah tak ada atau warga tidak mampu.

Pemkot Solo menargetkan pemindahan makam dapat dituntaskan tahun ini. Harapannya, peletakan batu pertama RSUD di Jebres dapat dilaksanakan di akhir tahun 2020. RSUD di Jebres sangat diperlukan agar selaras dengan program kesehatan Pemkot Solo. Untuk pembangunan RSUD di Jebres, terdapat beberapa opsi penganggaran. Pertama menggunakan APBD Kota Solo secara penuh.

Opsi lainnya menggunakan anggaran dari pihak swasta. Sedangkan anggaran pembangunan diperkirakan membutuhkan dana Rp200 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengatakan, rencana pembangunan RSUD di Jebres sudah ada gambaran meski baru sebatas garis besar. Saat ini, pihaknya masih fokus terkait operasional RSUD Semanggi. "RSUD Semanggi dulu, rencananya dioperasikan 17 Agustus tahun ini," ucapnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2967 seconds (0.1#10.140)