Citilink Buka Penerbangan Umrah dari Bandara Adi Soemarmo Usai Pemilu

Selasa, 02 April 2019 - 20:50 WIB
Citilink Buka Penerbangan Umrah dari Bandara Adi Soemarmo Usai Pemilu
Citilink bakal membuka penerbangan umrah rute Solo-Jeddah mulai 18 April mendatang atau setelah Pemilu 2019. FOTO/ILUSTRASI/DOK.SINDOnews
A A A
SOLO - Maskapai yang melayani penerbangan ibadah umrah melalui Bandara Adi Soemarmo Solo segera bertambah. Citilink bakal membuka rute Solo-Jeddah mulai 18 April mendatang atau setelah Pemilu 2019.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Solo, Abdullah Usman mengungkapkan, penerbangan Solo-Jeddah dari maskapai Citilink semula dijadwalkan awal April. Namun dengan berbagai bertimbangan, akhirnya diputuskan diundur pada 18 April. Penerbangan menggunakan pesawat Airbus 320 jenis Neo dengan kapasitas 180 penumpang dari Bandara Adi Soemarmo-hyderabad-Jeddah.

"Dijadwalkan terbang seminggu dua kali, tapi untuk harinya saya tidak hafal," kata Abdullah Usman, Selasa (2/4/2019).

Animo masyarakat berangkat umrah melalui Bandara Adi Soemarmo cukup tinggi. Maskapai yang sebelumnya melayani penerbangan Umrah dari bandara yang terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali itu adalah Garuda Indonesia dan Lion Air. Garuda Indonesia melayani penerbangan tiga kali dalam seminggu, yaitu Selasa, Kamis, dan Sabtu. Sementara Lion Air melayani penerbangan Solo-Jeddah seminggu dua kali setiap hari senin dan sabtu.

"Kami sangat mendukung atas penerbangan umrah dari Citilink. Ini akan semakin meningkatkan pelayanan," katanya.

Ketua Persaudaraan Pengusaha Travel Umrah dan Haji Indonesia (Perpuhi), Her Suprabu menyambut positif rencana Citilink melayani membuka penerbangan Umrah. "Sehingga calon jamaah yang ingin berangkat dari Solo semakin banyak pilihan," ujar Her Suprabu.

Tahun lalu terdapat 40.000 seat yang tersedia dan yang berangkat 38.000 orang. Dengan kenaikan jumlah seat penerbangan, diperkirakan ada kenaikan hingga 50.000 orang yang berangkat ke Tanah Suci.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9096 seconds (0.1#10.140)