Jateng Jadi Basis Perebutan Suara, Polisi Petakan Daerah Rawan

Selasa, 02 April 2019 - 17:50 WIB
Jateng Jadi Basis Perebutan Suara, Polisi Petakan Daerah Rawan
Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan pihaknya telah memetakan sejumlah daerah rawan menjelang Pemilu 2019. FOTO/iNews/TAUFIK BUDI
A A A
SEMARANG - Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Condro Kirono mengatakan pihaknya telah memetakan sejumlah daerah rawan menjelang Pemilu 2019. Meski dikatakan bahwa Jateng dalam kondisi kondusif, tapi Polda tetap melakukan prosedur pengamanan bersama pasukan TNI.

"Sejumlah potensi kerawanan dalam pemilu sudah kami mapping. Meski Jateng dikategorikan sebagai provinsi aman, tapi kami tetap melakukan pengamanan untuk menghindarkan dari potensi kerawanan selama pesta demokrasi berlangsung," kata Condro, Selasa (2/4/2019).

Jawa Tengah lanjut Condro merupakan basis suara yang diperebutkan oleh para peserta Pemilu 2019. Untuk itu, potensi pergesekan antar pendukung pasangan calon cukup besar. Meski begitu, pihaknya akan berupaya untuk menjamin keamanan saat pemilu berlangsung. Tidak hanya saat kampanye, namun saat pencoblosan hingga penghitungan suara juga memiliki tingkat kerawanan cukup tinggi.

"Kami sudah koordinasikan dengan semua pihak untuk mengantisipasi semuanya dan memastikan pemilu 2019 di Jateng berlangsung aman. Dari Polda Jateng, kami sudah siapkan 21.980 personil untuk mengamankan tahapan pemilu 2019," katanya.

Dukungan pasukan juga akan diberikan oleh TNI. Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi mengatakan akan mendukung penuh kekuatan pengamanan di Jawa Tengah.

"Kami siap menerjunkan kekuatan penuh untuk mengawal keamanan pemilu nanti. Kami juga siap dalam membantu pengamanan logistik jika memang dibutuhkan," kata dia.

Effendi menerangkan jika keamanan dan kelancaran pemilu 2019 adalah tugas semua elemen bangsa. TNI akan menjadi garda depan menjamin pelaksanaan pemilu aman.

"Untuk itu kami siap sinergi dengan Kapolda dan pihak terkait seperti Pemerintah, KPU, Bawaslu, dan lainnya dalam rangka pengamanan ini," ucapnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 4.9860 seconds (0.1#10.140)