Ratusan Siswa SMAN 1 Kendal Digembleng TNI Agar Punya Karakter

Senin, 01 April 2019 - 00:50 WIB
Ratusan Siswa SMAN 1 Kendal Digembleng TNI Agar Punya Karakter
Siswa SMA Negeri 1 Kaliwungu, Kendal di-makeup wajahnya sebelum mengikuti apel kemah bela negara, Minggu (31/3/2019). FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Ratusan siswa SMA Negeri 1 Kaliwungu, Kendal digembleng TNI untuk menjadi pribadi yang berkarakter serta memiliki rasa patriotisme yang tinggi. Siswa yang digembleng sengaja di-makeup layaknya tentara yang sedang melakukan penyamaran.

Wajah siswa ini dicat warna hitam dan hijau hingga nyaris tidak bisa dikenali. Usai di-makeup, ratusan siswa ini kemudian mengikuti apel kemah bela negara di halaman SMA Negeri 1 Kaliwungu. Kemah bela negara ini bertujuan agar siswa dan siswi nantinya memiliki karakter yang lebih baik dan mempunyai jiwa patriotisme yang lebih tinggi.

Kepala SMA Negeri 1 Kaliwungu, Nur Afif mengatakan, 350 siswa kelas XI diwajibkan ikut kegiatan ini. "Selain memiliki jiwa patriotisme yang tinggi, siswa juga menjadi lebih disiplin dan bertanggung jawab dengan apa yang mereka lakukan dan yang akan dilakukan," kata Nur Afif.

Sementara itu, instruktur kemah bela bangsa dari Koramil 11 Kaliwungu, Peltu Purwadi mengatakan, materi yang akan diberikan kepada siswa selain wawasan kebangsaan, juga latihan kedisiplinan dan kemampuan untuk bekerja sama dengan temannya.

"Tidak hanya digembleng fisik saja mental siswa juga akan dibina agar lebih memiliki jiwa yang lebih religius dan mampu bertanggung jawab," kata Danpos Kaliwungu Selatan ini.

Pembukaan kemah bela bangsa ditandai dengan penyematan tanda peserta dan penyerahan siswa kepada anggota Koramil 11 Kaliwungu untuk dilakukan pembinaan dan pendidikan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6491 seconds (0.1#10.140)