HT Berharap Futsal Indonesia Berlaga di Piala Dunia

Minggu, 31 Maret 2019 - 21:55 WIB
HT Berharap Futsal Indonesia Berlaga di Piala Dunia
Vamos Mataram NTB menjadi juara pertama Pro Futsal League (PFL) 2019 setelah mengalahkan Black Stell Manokwari dengan skor 6-5 di GOR UNY, Minggu (31/3/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN .
A A A
YOGYAKARTA - Ketua umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Hary Tanoesoedibjo (HT) mengklaim ada peningkatan kualitas tim futsal yang berlaga dalam Pro Futsal League (PFL) atau Liga Futsal Indonesia 2019. Hal tersebut dapat dilihat dari permainan yang mereka tunjukkan, baik saat liga berlangsung maupun dalam final four yang berlangsung di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu-Minggu (30-31/3/2019). Tim-tim yang berlaga itu menunjukkan permainan terbaiknya.

"Liga futsal tahun ini kualitas permainannya meningkat," kata HT usai final PFL 2019 antara Black Steel Manokwari melawan Vamos Mataram FC di GOR UNY, Minggu (31/3/2019).

HT berharap dengan adanya peningkatan kualitas tersebut, tim futsal Indonesia dapat berprestasi di kancah internasional dan tampil di piala dunia. Agar bisa tampil di piala dunia, tentunya harus
melalui jenjang Asia Tenggara dan Asia.

"Jika ini bisa tentunya target ke Piala Dunia akan terpenuhi, meski tidak jadi juara minimal pernah ikut piala dunia. Karena itu, terus akan melakukan berbagai langkah guna mewujudkannya," katanya.

Menurut HT, dengan adanya perbaikan kualitas tim, ini berarti sekarang futsal mulai diminati. Terbukti masing-masing mulai berlomba dan melakukan inovasi dalam membangun timnya. Selain dengan mendatangkan pemain berkualitas, juga pelatih asing. Yang menjadi catatan, semua itu dilakukan secara mandiri atau independen.

"Karena itu kami harus bisa membuktikan, futsal Indonesia bisa berkembang dan berprestasi. Di antaranya untuk U-20 akan bertanding di Taiwan melawan Iran dan Jepang. Meski persahabatan tapi jika bisa menang merupakan prestasi yang luar biasa," katanya.

Sementara dalam final PFL 2019, Vamos Mataram NTB mengalahkan Black Stell Manokwari dengan skor 6-5. Atas hasil itu, Vamos Mataram berhak menerima piala bergilir dan uang pembinaan. Peringkat ketiga diraih SKN Kebumen setelah membungkam BTS dengan skor 2-1.

Dalam kesempatan itu, juga diserahkan piala kepada juara futsal wanita, yaitu kepada tim Angel Kebumen sebagai juara pertama, kemudian UPI Bandung, dan JK Angel.

Pelatih Black Stell Manokwari, Israqul Issa mengatakan, apa yang telah ditunjukkan timnya merupakan prestasi luar biasa. Terbuki bisa mendominasi pertandingan, terutama pada babak kedua. Pemain mampu menjalankan permainan sesuai instruksi pelatih. Namun begitu, strategi lawan juga cukup baik. "Selamat kepada Vamos," katanya.

Atas keberhasilan kedua tim, Vamos Mataram akan mewakili Indonesia di kompetisi futsal Asia (AFC) sedangkan Black Steel Manokwari akan berkiprah di kompetisi futsal Asia Tenggara (AFF).
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0962 seconds (0.1#10.140)