alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Inggris Kerahkan Jet-jet Tempur, Cegat Pesawat Pembom Rusia

Muhaimin
Inggris Kerahkan Jet-jet Tempur, Cegat Pesawat Pembom Rusia
Pesawat pembom strategis Tupolev Tu-160 Blackjack Rusia. Foto/REUTERS

LONDON - Militer RAF (Angkatan Udara Kerajaan) Inggris mengerahkan pesawat-pesawat jet tempur Typhoon untuk mengintersepsi atau mencegat pesawat-pesawat pembom Rusia yang menuju wilayah udara Inggris. Menteri Pertahanan Gavin Williamson meminta pasukan Inggris selalu waspada terhadap aktivitas militer Moskow.

Sepasang jet tempur meraung dari markas mereka di Lossiemouth, Skotlandia, setelah peringatan reaksi cepat dibunyikan. Kejadian ini berlangsung hari Jumat (29/3/2019).

Jet-jet tempur itu bergemuruh menuju pesawat jarak jauh Blackjack yang dikirim Kremlin."Yang mendekati wilayah udara Inggris," kata Kementerian Pertahanan Inggris.



"RAF bekerja erat dengan mitra NATO untuk memantau pesawat Rusia saat mereka melewati berbagai wilayah udara internasional sebelum mereka dicegat di Laut Utara," lanjut kementerian itu, dikutip Daily Mirror.

"Jet-jet tempur kami mengawal mereka dari wilayah kepentingan Inggris dan memastikan bahwa mereka tidak memasuki wilayah udara kedaulatan Inggris," imbuh kementerian itu.

Menteri Pertahanan Gavin Williamson memuji para pilot tempur Inggris. "Pilot-pilot RAF kami yang berani telah menunjukkan lagi bahwa kami siap untuk menanggapi segala ancaman terhadap Inggris," ujarnya.

"Bersama sekutu-sekutu NATO kami, kami harus tetap waspada dan sadar akan aktivitas militer Rusia," ujarnya.

Pengerahan jet-jet tempur hari Jumat itu adalah yang kedua kalinya sepanjang pekan ini dalam upaya untuk menyelidiki aktivitas Rusia. Pengerahan sebelumnya terjadi pada Rabu malam.

Militer Rusia belum berkomentar terkait aktivitas pesawat-pesawat pembomnya di dekat wilayah udara Inggris.



(mif)

loading...