Bukalapak Ajak Ribuan Mahasiswa Jadi Online Interpreneur

Sabtu, 30 Maret 2019 - 09:54 WIB
Bukalapak Ajak Ribuan Mahasiswa Jadi Online Interpreneur
Belajar Ngelapak Bareng Komunitas Bukalapak (BNBK) Goes To Campus yang digelar di Auditorium Fisipol UGM Yogyakarta. IST
A A A
YOGYAKARTA - Perkembangan dunia usaha telah bergeser dari analog menuju digital dengan sistem online. Anak-anak muda seperti mahasiswapun pun memiliki kesempatan menjadi pengusaha enterpreneur dengan sistem online dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat.

Begitu juga dengan salah satu perusahaan teknologi informasi yang memanfaatkan perkembangan digital Bukalapak yang berusaha mengajak sedikitnya 2.400 mahasiswa di seluruh Indonesia untuk belajar menjadi enterpreneur online.

Melalui program Belajar Ngelapak Bersama Komunitas Bukalapak (BNBK) Goes to Campus, Bukalapak berusaha mengajak mahasiswa di beberapa kampus dan anak muda di berbagai daerah untuk belajar berwirausaha sejak dini.

"Program belajar berwirausaha melalui BNBK Goes to Campus ini diselenggarakan di 12 kampus di Indonesia dari Sabang sampai Merauke," ungkap Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri, di sela-sela BNBK Goes To Campus di Gedung Auditorium Fisipol UGM Yogyakarta, Jumat (29/3/2019).

Dijelaskannya, Program BNBK Goes to Campus memberikan berbagai materi dan bimbingan untuk anak muda. Mulai pengenalan tentang Bukalapak sebagai online marketplace yang bisa membantu bisnis para anak muda agar lebih maksimal, hingga cara mengoptimalisasi pemasaran barang jualan di Bukalapak.

Para anak muda kata dia, juga diperkenalkan tentang Komunitas Bukalapak, sebagai wadah bagi para pelapak untuk saling bertukar pengalaman mengoptimalkan bisnis online serta memberikan awareness tentang berbisnis, dan bagaimana bisnis tersebut bisa memberikan dampak postiif pada masyarakat.

”Kami melihat bahwa generasi milenial ini memiliki potensi yang sangat besar. Untuk itu mereka perlu dirangkul, dan diarahkan untuk masa depan yang lebih gemilang. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah memberikan pembinaan melalui BNBK ini, agar mereka memiliki pandangan sebagai wirausaha online, dan harapannya mampu menciptakan peluang kerja bagi masyarakat di sekitar mereka juga.” ungkapnya.

Dilanjutkannya, bagi mahasiswa yang tertarik untuk mengembangkan kemampuannya berwirausaha, akan dilakukan pembinaan lebih lanjut yang akan didampingi oleh Komunitas Bukalapak di 144 kota di seluruh Indonesia. Program BNBK ini untuk menjaring potensi-potensi wirausaha baru.

"BNBK juga dilakukan sejak tahun lalu. Waktu itu kami menyasar ke usaha-usaha kecil daerah yang masih berjualan secara offline atau konvensional agar beralih ke sistem online. Hasilnya luar biasa," tandas Fikri.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1179 seconds (0.1#10.140)