Bukit Klangon, Tempat Menikmati Gagahnya Gunung Merapi

Senin, 31 Desember 2018 - 23:00 WIB
Bukit Klangon, Tempat Menikmati Gagahnya Gunung Merapi
Bukit Klangon memiliki konsep utama yaitu gardu pandang. FOTO/Traveling Yuk
A A A
YOGYAKARTA - Selalu ada yang baru dan menarik di Daerah Istimewa Yogyakarta. Setiap sudutnya, Yogyakarta menawarkan destinasi wisata menarik yang bikin ketagihan.

Seperti halnya di wilayah utara Yogya, kini makin banyak spot yang mencuri perhatian dengan panorama cantik. Salah satunya Bukit Klangon yang terletak di lereng Gunung Merapi.

Dikutip dari Travelingyuk, Bukit Klangon memiliki konsep utama yaitu gardu pandang. Dengan naik ke gardu pandang ini, wisatawan dapat menikmati gagah dan besarnya puncak Gunung Merapi. Pesonanya terlihat sempurna dengan paduan langit berwarna biru serta pepohonan hijau di sekitar Bukit Klangon.

Terdapat dua hal yang menjadi keunikan destinasi ini yaitu pesona Merapi dan bendera merah putih yang berkibar tinggi.

Tak hanya indah, destinasi wisata ini juga memiliki nilai sejarah. Bukit Klangon sempat menjadi saksi bisu perjuangan rakyat Indonesia menghadapi penjajah.

Saat ini, setiap menjelang perayaan hari kemerdekaan, bendera merah putih tak pernah terlewatkan untuk dikibarkan. Pengibaran bendera tersebut bermaksud mengenang pertempuran hebat yang pernah terjadi antara rakyat Indonesia melawan penjajah Belanda.

Pagi hari menjadi waktu yang tepat untuk datang ke destinasi ini. Namun, jika memungkinkan datanglah saat petang agar tidak ketinggalan pemandangan menakjubkan di atas bukit. Apalagi jika bukan udara segar, kabut turun, matahari terbit, dan pemandangan istimewa lainnya.

Jangan pernah takut perut Anda keroncongan, karena di sekitar tempat ini ada warung yang menjual teh, kopi hingga mi rebus yang bisa mengatasi rasa lapar dan haus Anda.

Selain itu, Anda yang ingin berlama-lama disini juga bisa mendirikan tenda. Bermalam di Bukit Klangon menjadi kegiatan yang layak wistawan coba. Apalagi destinasi wisata ini menyediakan area cukup luas untuk para wisatawan yang ingin berkamping ria di sini. Pecinta alam pasti tak akan berpikir dua kali untuk memutuskan bermalam di lereng Gunung Merapi yang cantik nan eksotis ini.

Bukit Klangon terletak di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Sleman, atau sekitar 30-40 menit dari pusat kota. Untuk menuju ke tempat ini, arahkan perjalanan Anda ke Jalan Kaliurang, lurus ke arah utara sampai bertemu pertigaan. Kemudian, arahkan ke kanan dan lurus ke timur arah Merapi Golf atau The Lost World Castle. Sampai di pertigaan belok kiri dan ikuti petunjuk arah menuju Bukit Klangon.

Mengingat jalan yang sempit hanya muat untuk satu mobil dan menanjak, wisatawan pun sangat disarankan menggunakan kendaraan motor.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8112 seconds (0.1#10.140)