Menikmati Layanan Pengobatan Gratis Rail Clinic di Alastua Semarang

Kamis, 28 Maret 2019 - 12:40 WIB
Menikmati Layanan Pengobatan Gratis Rail Clinic di Alastua Semarang
Sejumlah warga saat mendapatkan layanan pengobatan gratis di dalam Rail Clinic di Stasiun Alastua, Semarang, Kamis (28/3/2019). FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI
A A A
SEMARANG - Ratusan orang mengikuti kegiatan bakti sosial berupa pengobatan gratis melalui sarana Rail Clinic (kereta kesehatan) di Stasiun Alastua, Semarang, Kamis (28/3/2019).

Kegiatan yang diselenggarakan PT KAI ini juga dilakukan pemberian kaca mata gratis kepada 57 siswa sekolah dasar yang terdapat di wilayah sekitar Stasiun Alastua, pemberian bantuan alat-alat olah raga kepada SDN 01 Tlogomulyo. Kemudian, pemberian sarana dan alat kesehatan kepada Kelas Ibu Hamil Ceria UPTD PKM Bangetayu, dan pemberian karpet dan tikar kepada Panti Asuhan Yayasan An Nur Budi Utomo dan warga Perum Graha Mukti Tlogomulyo.

Selain itu juga diberikan penyuluhan seputar kesehatan dan peraturan keselamatan perjalanan kereta api, serta pembagian berbagai suvenir menarik.

Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Muhammad Nurul Huda DS mengatakan, keterlibatan Rail Clinic Generasi ke-4 di Stasiun Alastua ini merupakan kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang di sejumlah jalur rel kereta api.

Menurutnya, kegiatan CSR dengan melibatkan Rail Clinic sudah menjadi agenda tahunan di wilayah PT KAI Daop 4 Semarang sejak 2016 yang lalu. Di mana pada 2016 telah dilaksanakan di Stasiun Weleri dan Stasiun Kedungjati, kemudian 2017 telah dilaksanakan di Stasiun Mangkang dan Stasiun Randublatung. Adapun Tahun lalu dilaksanakan di Stasiun Kradenan, Stasiun Gundih, dan Stasiun Kaliwungu.

"Untuk pelayanan kesehatan gratis di Rail Clinic meliputi pemeriksaan dokter umum, gigi, kesehatan ibu dan anak, kesehatan mata, laboratorium, serta pelayanan kefarmasian," kata Nurul Huda.

"KAI telah menyiapkan tim kesehatan yang terdiri dari 4 dokter umum, 2 dokter gigi, 2 perawat gigi, 2 bidan, 1 apoteker, 1 asisten apoteker, dan 10 paramedis," katanya.

Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan bakti sosial yang melibatkan sarana Rail Clinic Generasi ke-4 ini, bisa terjalin komunikasi yang baik antara pihak PT KAI dengan masyarakat sekitar Stasiun Alastua dengan wujud kerja sama yang harmonis dalam mendukung perkembangan perkeretaapian di wilayah Stasiun Alastua.

"Kami juga berharap masyarakat ikut andil dalam menjaga keselamatan dan keamanan perjalanan kereta api," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.3326 seconds (0.1#10.140)