Kerap Muncul ke Darat, Buaya Sepanjang 170 Cm Ditangkap Warga Kendal

Kamis, 28 Maret 2019 - 05:54 WIB
Kerap Muncul ke Darat, Buaya Sepanjang 170 Cm Ditangkap Warga Kendal
Buaya sepanjang 170 cm yang kerap muncul di Sungai Blorong, Kendal ditangkap warga karena bikin resah. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Warga Desa Turunrejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal digegerkan dengan munculnya seekor buaya di Sungai Blorong. Buaya sepanjang 170 sentimeter itu sering muncul ke daratan sejak dua pekan terakhir. Warga akhirnya berhasil menangkap reptil besar tersebut setelah masuk ke tempat pembuatan batu bata.

Dalam video amatir yang direkam warga, proses penangkapan buaya yang kerap muncul di Sungai Blorong Kendal itu menegangkan. Dibutuhkan waktu hampir dua jam untuk memancing buaya agar muncul dari sungai dan keluar ke daratan.

Warga menggunakan umpan seekor bebek agar buaya naik ke daratan dan mudah ditangkap. Setelah berhasil memancing buaya ke daratan, warga kemudian beramai-ramai menangkapnya.

"Butuh lima orang untuk menangkap buaya tersebut. Saat ditangkap buaya dalam kondisi lapar sehingga memberikan perlawanan cukup kuat," kata salah seorang warga, Agus, Rabu (27/3/2019) sore.

Warga menduga masih ada buaya lain di Sungai Blorong Kendal. Pasalnya ada warga yang pernah melihat buaya dengan ukuran lebih besar dibanding buaya yang ditangkap.

Sementara itu, Kepala Desa Turunrejo, Abdul Mufid mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah untuk mengevakuasi buaya tersebut.

"Tim BKSDA meminta kami menangkap buaya dengan cara memberikan umpan ungags, karena saat tim datang buaya tidak muncul," kata Abdul Mufid.

Buaya yang ditangkap diinapkan di sebuah bangunan warung milik warga dengan kondisi terikat dan penjagaan dari para warga. Selanjutnya tim dari BKSDA akan mengevakuasi buaya tersebut dan dibawa ke balai konservasi.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0563 seconds (0.1#10.140)