Dekatkan Layanan Masyarakat, Imigrasi Pemalang Buka Kantor di Brebes

Rabu, 27 Maret 2019 - 19:17 WIB
Dekatkan Layanan Masyarakat, Imigrasi Pemalang Buka Kantor di Brebes
Dirjen Imigrasi Kemenkumham, Ronny F Shompie meresmikan pembukaan Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang di Kabupaten Brebes. FOTO/iNews/SURYONO SUKARNO
A A A
BREBES - Kantor Imigrasi Pemalang membuka Unit Kerja Kantor (UKK) Keimigrasian non TPI di Jalan Jenderal Sudirman Brebes. Pembukaan kantor ini bertujuan untuk mendekatkan layanan kepada masyarakat, utamanya dalam pembuatan paspor.

Kantor Unit Kerja Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Pemalang di Kabupaten Brebes ini diresmikan Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham), Ronny F Shompie, Rabu (27/3/2019).

Ronny mengatakan, unit kerja kantor Imigrasi di Brebes merupakan unit kerja ke-9 di Indonesia. Selain itu, kantor Imigrasi sendiri baru terbentuk 125 kantor se-Indonesia. Padahal total kabupaten dan kota di Indonesia mencapai 514.

"Adanya unit kerja tersebut diharapkan dapat mendekatkan pelayanan keimigrasian ke masyarakat. Karena saat ini satu kantor Imigrasi masih memberikan pelayanan ke beberapa kabupaten dan kota," katanya.

Kabupaten Brebes menjadi bagian wilayah pelayanan Kantor Imigrasi Kelas II non TPI Pemalang. Selama ini jangkauannya sangat jauh, harus melewati Kota Tegal terlebih dahulu. Pelayanan sebenarnya juga bisa didapat di daerah lain yaitu di Cirebon, hanya Kantor Imigrasi Cirebon jaraknya juga cukup jauh dan masuk wilayah Jawa Barat.

"Warga yang akan mengurus paspor maupun dokumen keimigrasian lainnya kini bisa mendatangi kantor UKK Imigrasi di Brebes," ucapnya.

Ronny menjelaskan, dibukanya unit kerja Imigrasi ini juga karena banyaknya warga Brebes yang menjadi tenaga kerja ke luar negeri maupun berangkat haji dan umrah. Dengan demikian, warga tidak lagi harus pergi ke Pemalang dalam mengurus paspornya.

Bupati Brebes Idza Priyanti mengatakan, saat ini tidak sedikit warga Brebes yang membutuhkan paspor untuk bekerja di luar negeri. Dia mencontohkan, di Kecamatan Songgom, terdapat lebih dari 1.000 orang yang bekerja di luar negeri sebagai TKI.

"Belum lagi jemaah umrah dan haji yang tiap tahunnya juga lebih dari 1.000 orang. Maka dari itu, kami berharap Unit Kerja Imigrasi ini bisa segera melayani warga," katanya.

Sejumlah warga yang mengurus paspor sangat senang karena menjadi dekat dan menghemat waktu serta biaya. "Saya mengurus paspor untuk umrah dengan keluarga, alhamdulillah saat ini bisa di Brebes, kalau sebelumnya harus ke Pemalang. Hal ini sangat menghemat waktu juga biaya karena transportasi jasi dekat," kata Rahmat, salah satu warga yang mengurus paspor.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9322 seconds (0.1#10.140)