Hati-Hati, Empat Penyakit Ini Bisa Didapatkan dari Kunjungan ke Salon

Rabu, 27 Maret 2019 - 15:15 WIB
Hati-Hati, Empat Penyakit Ini Bisa Didapatkan dari Kunjungan ke Salon
Salon adalah tempat umum yang dikunjungi banyak orang, dan meninggalkan lebih dari sekadar rambut yang dipotong. Kunjungan ke salon bisa berubah menjadi penyakit. FOTO/New Beauty
A A A
JAKARTA - Sebagian dari kita, terutama wanita kerap kali berkunjung ke salon. Ada yang merawat tubuh atau sekedar potong rambut. Lantaran dikunjungi banyak orang, salon ternyata bukan tempat yang aman dari penyakit. Karena itu, penting untuk berhati-hati dan memahami perawatan atau layanan apa yang dapat menyebabkan penyakit sehingga Anda bisa aman dan merawat diri dengan lebih baik.

Berikut beberapa penyakit yang bisa didapat dari kunjungan di salon seperti dilansir dari Times Now News.

1. Hepatitis karena manikur
Manikur dapat menyebabkan penyakit seperti hepatitis yang selanjutnya dapat meningkat menjadi kanker hati dan penyakit hati lainnya. Alat yang digunakan untuk pedikur dan manikur dapat menyebabkan perdarahan, dan jika tidak disterilkan setelah menggunakannya pada satu pelanggan, alat tersebut dapat menyebabkan penyebaran infeksi. Cara terbaik untuk mengatasi ini adalah dengan membawa alat Anda sendiri atau melakukan manikur Anda di rumah saja. Pastikan Anda mensterilkan alat Anda sendiri juga.

2. Penyakit yang ditularkan melalui darah dari tukang cukur
Tukang cukur menggunakan alat-alat seperti gunting, pisau cukur yang dapat menyebabkan perdarahan dan jika tidak disterilkan dengan benar, dapat menyebabkan penyebaran penyakit yang ditularkan melalui darah dari satu orang ke orang lain. Hepatitis adalah salah satu penyakit paling umum yang menyebar dengan cara ini, sama seperti ia dapat menyebar dari pedikur. Penting untuk memahami pentingnya alat bersih dan bahkan membawa alat sendiri agar lebih aman.

3. Penyakit menular seksual akibat waxing
Anda bisa terkena PMS dari waxing jika kebersihan yang kurang terjaga. Jika salon Anda mendaur ulang tongkat yang sama yang mereka gunakan pada satu pelanggan untuk memberikan lilin pada pelanggan lain, penyakit ini sangat mungkin terjadi. Orang-orang menjadi wax di berbagai tempat dan infeksi dapat menyebar dari mereka ke Anda. Jika lilin dioleskan ke wajah atau lengan Anda setelah tongkat terinfeksi, dapat menyebabkan ruam dan luka bakar.

4. Kaki atlet dari pedikur
Banyak kaki dicelupkan ke dalam bak air panas yang membuat Anda merasa santai. Namun, tidak semua kaki bersih, dan tidak semua salon berhati-hati untuk mencuci bak mandi sebelum orang berikutnya mencelupkan kaki mereka ke dalamnya. Kaki atlet adalah penyakit jamur yang tumbuh subur di lingkungan yang lembab, dan bak pedikur adalah tempat yang cukup sempurna bagi jamur. Anda mungkin bisa terkena penyakit ini jika salon tidak membersihkan bak pedikur dengan benar.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.8475 seconds (0.1#10.140)