Waspada, Gelombang Tinggi Ancam Perairan Selatan Jawa

Selasa, 26 Maret 2019 - 21:06 WIB
Waspada, Gelombang Tinggi Ancam Perairan Selatan Jawa
Waspada, Gelombang Tinggi Ancam Perairan Selatan Jawa
A A A
CILACAP - Gelombang tinggi mengancam perairan selatan Laut Jawa hingga tiga hari ke depan sebagai dampak Siklon Tropis Veronica. Untuk itu, masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar tetap selalu waspada.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi Cilacap (BMKG) Stasiun Meteorologi Cilacap merilis peringatan dini gelombang tinggi berpeluang terjadi pada 26 Maret pukul 07.00 WIB - 29 Maret pukul 07.00 WIB.

Terdapat Siklon tropis Veronica (989 hPa) di Samudra Hindia barat laut Australia. Pola sirkulasi di Samudra Hindia barat daya Kepulauan Mentawai dan Samudra Pasifik Timur Laut Papua. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud, Perairan utara Papua dan Kepulauan Kai - Aru.

“Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut. Tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta,” tutur prakirawan BMKG, Feriharti Nugrohowati, Selasa (26/3/2019).

“Tinggi gelombang 2,5 - 4,0 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia selatan Silacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, Samudera Hindia selatan Yogyakarta,” tambahnya.

Untuk itu, perlu diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran. Perahu nelayan batas aman kecepatan angin tak lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter. Kapal tongkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, dan Kapal Ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter. Sementara kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal Pesiar batas aman kecepatan angin tak lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi serta wilayah pelayaran padat agar tetap selalu waspada,” pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1754 seconds (0.1#10.140)