Profesor Jamal Wiwoho Ditetapkan Calon Rektor Terpilih UNS

Selasa, 26 Maret 2019 - 19:49 WIB
Profesor Jamal Wiwoho Ditetapkan Calon Rektor Terpilih UNS
Calon Rektor terpilih UNS Profesor Jamal Wiwoho bersama dua calon lainnya dan Rektor UNS Ravik Karsidi bergandengan tangan usai memberikan keterangan pers terkait hasil Sidang Senat Tertutup, Selasa (26/3/2019). FOTO/IST
A A A
SOLO - Profesor Jamal Wiwoho ditetapkan sebagai calon Rektor terpilih Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo periode 2019-2023. Penetapan melalui sidang senat tertutup yang dilaksanakan di Ruang Sidang 2 Gedung Rektorat UNS, Selasa (26/3/2019).

Sidang Senat Tertutup dihadiri 127 anggota senat UNS dan satu pejabat utusan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), yaitu Hari Purwanto MSc, DIC. “Pemilihan Rektor dilaksanakan dengan mekanisme musyawarah dan mufakat, berdasarkan permufakatan yang telah dilaksanakan 10 Februari lalu oleh ketiga calon,” kata Ketua Panitia Pemilihan Rektor (PPR) UNS, Prof Sahid Teguh Widodo, Selasa (26/3/2019).

Ketiga kandidat yakni Profesor Jamal Wiwoho, Profesor Sutarno, dan Profesor Widodo Muktiyo. “Dalam Sidang Senat Tertutup, telah ditetapkan Calon Rektor terpilih yaitu Profespr Jamal Wiwoho untuk menduduki jabatan Rektor UNS periode 2019-2023,” ungkapnya. Selanjutnya, Profesor Jamal sebagai Calon Rektor UNS terpiluh masih harus mengikuti satu kali tahapan lagi. Yakni tahap penetapan dan pelantikan.

Sahid menambahkan, musyawarah mufakat yang dilakukan oleh UNS dalam prosesi pemilihan rektor memperoleh apresiasi yang luar biasa dari Menristekdikti. “Semoga ini bisa menjadi contoh bagi universitas lain,” imbuhnya. Utusan Menristekdikti yaitu Hari Purwanto MSc, DIC menambahkan, prosesi pemilihan rektor di UNS berjalan dengan lancar dari mulai tahap penjaringan hingga sekarang.

Diharapkan bisa dicontoh oleh kampus lain yang mengutamakan musyawarah dan mufakat. “Semoga UNS terus berkembang dan cita-citanya untuk menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) segera tercapai,” ujar Hari.

Calon Rektor UNS terpilih, Profesor Jamal Wiwoho mengatakan, dirinya mengucapkan terimakasih kepada Rektor UNS Profesor Ravik Karsidi yang telah menginisiasi musyarawah mufakat. “Dengan musyawarah dan mufakat, ke depan UNS akan lebih mudah melewati tantangan yang dihadapi mengingat tantangan ke depan semakin besar,” ujar Jamal.

Rektor UNS Profesor Ravik Karsidi mengatakan, setelah pemilihan Rektor selesai, dirinya meminta agar pemilihan pejabat di bawahnya, seperti Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan bisa berjalan lancar setelah 13 April nanti.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6020 seconds (0.1#10.140)