Dorong Minat Baca, Pemkab Kendal Kerahkan Perpustakaan Keliling

Selasa, 26 Maret 2019 - 12:05 WIB
Dorong Minat Baca, Pemkab Kendal Kerahkan Perpustakaan Keliling
Beberapa siswa sedang membaca buku di mobil perpustakaan keliling di Kendal. FOTO/iNews/EDDIE PRAYITNO
A A A
KENDAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal mengerahkan armada perpustakaan keliling ke pelosok. Perpustakaan keliling ini sebagai upaya jemput bola meningkatkan budaya membaca di kalangan pelajar dan remaja wilayah Kendal.

Pemkab Kendal memiliki tiga unit armada perpustakaan keliling. Kendaraan ini dari Senin hingga Kamis berpindah-pindah tempat atau daerah yang belum memiliki perpustakaan atau taman baca.

"Selain itu, perpustakaan keliling juga berkordinasi dengan sejumlah sekolah dan kelompok-kelompok baca yang ada untuk menggerakan minat baca," kata Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Kendal Diah Aning, Selasa (26/3/2019).

Pengenalan minat baca sejak dini dilakukan dengan menggandeng siswa PAUD agar mulai mengenal bacaan dari gambar hingga tulisan. Para pegiat rumah baca dan kelompok baca diberikan pengarahan untuk bersinergi meningkatkan minat baca anak.

Sebagai langkah menumbuhkan minat baca, anggota Komisi X DPR RI Mujib Rohmat mengakui bahwa literasi di Indonesia masih jauh tertinggal dengan negara lain. Mujib berharap tingkat literasi di Kendal semakin baik dan terus meningkat dengan mengoptimalkan perpustakaan keliling yang ada dan masuk ke desa-desa.

"Pemerintah juga diharapkan memberikan tambahan koleksi buku di taman-taman baca, kelompok baca, pondok pesantren dan sekolah-sekolah, agar literasi yang dimiliki lebih bervariasi dan lebih komplet," ujarnya.

Mujib mencontohkan, perpustakaan daerah yang ada di Kota Salatiga sudah terintegrasi dengan perpustakaan-perpustakaan di lokasi lain. Jika ada warga yang ingin mencari buku bacaan bisa mengetahui dimana ia dapatkan selain di perpustakaan daerah.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.2968 seconds (0.1#10.140)