Menhub Budi Karya Kembali Positif Corona? Ini Jawaban Kemenhub

Sabtu, 16 Mei 2020 - 23:30 WIB
loading...
Menhub Budi Karya Kembali Positif Corona? Ini Jawaban Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mememastikan kondisi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam keadaan stabil. Kabar Menhub kembali positif terinfeksi virus corona jenis baru, COVID-19 dinilai menyesatkan.

"Sehubungan dengan pemberitaan dengan judul "15 Hari Sembuh, Menhub Budi Karya Kembali Dinyatakan Positif Covid-19", yang potongan judulnya telah beredar di media sosial, perlu disampaikan bahwa judul berita tersebut menyesatkan dan berpotensi merugikan Menhub Budi Karya Sumadi," kata Adita, Sabtu (16/5/2020).

Namun Adita mengakui Menhub sedang dirawat di rumah sakit akibat penyakit tifus dan asma yang sudah lama dideritanya. "Saat ini, kondisi Menhub stabil dan dalam pengawasan dokter," ujar Adita melalui pesan singkat kepada wartawan di Jakarta, Jumat (13/3/2019). Namun, Adita enggan menyebutkan nama rumah sakit tempat Menhub dirawat.( )

Adita menjelaskan kondisi Budi Karya yang sedang dalam perawatan akibat gejala tifus setelah beberapa waktu sebelumnya melakukan serangkaian perjalanan ke luar kota selama beberapa hari.

"Kota-kota yang dikunjunginya di Toraja, Luwuk Banggai, Wakatobi, Makassar serta Pare Pare. Tapi beliau tetap melaksanakan tugas-tugasnya dari rumah memantau tugas kementerian," ungkapnya.

Ia menjelaskan pada Rabu lalu, Menhub Perhubungan masih bertugas bertemu dengan Menteri Infrastruktur dan Manajemen Belanda Cora van Nieuwenhuize membahas peluang kerjasama di sektor transportasi. Pertemuan tersebut berlangsung di Kantor Pelindo II, Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Budi Karya Sumadi telah aktif kembali sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 April 2020. Pihak RSPAD yang merawat Menhub juga telah menegaskan bahwa hasil dua tes PCR terakhir juga membuktikan Menhub telah bebas COVID-19.

Menhub Budi Karya Sumadi dinyatakan positif COVID-19 pada tanggal 14 Maret 2020 dan menjalani perawatan di RSPAD. Saat dirawat Menhub menjalani tes PCR pertama dan hasilnya dinyatakan negatif. Namun 15 hari kemudian Menhub dinyatakan positif setelah menjalankan tes kedua.

Sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, pasien dinyatakan bebas Covid-19 jika dua kali tes PCR hasilnya berturut-turut negatif. Pada 27 April 2020 Menhub Budi Karya dinyatakan sembuh oleh dokter Budi Sulistya, Sp THT, Wakil Kepala RSPAD.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2496 seconds (0.1#10.140)