alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Layaknya Supermarket, Belanja Pakai Troli di Pasar Manis Purwokerto

Saladin Ayyubi
Layaknya Supermarket, Belanja Pakai Troli di Pasar Manis Purwokerto
Seorang pengunjung mendorong troli berisi barang belanjaan di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas. FOTO/iNews/SALADIN AYYUBI

BANYUMAS - Pasar tradisional biasanya identik dengan lingkungan kotor, becek, tidak rapi, bahkan jorok. Namun berbeda dengan Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas. Pasar tradisional ini bersih, rapi, dan pengunjung bisa menggunakan troli belanja layaknya di supermarket.

Suasana berbeda akan Anda rasakan saat memasuki gerbang utama Pasar Manis Purwokerto. Di bagian depan pasar itu ada troli yang disediakan oleh pihak pengelola pasar. Anda bisa mengambilnya lalu mendorongnya menjelajah lorong pasar yang bersih sambil mencari-cari barang yang akan dibeli.

Di pasar ini, para pengunjung juga tidak perlu bingung ketika mencari bahan kebutuhan. Papan penunjuk jenis dagangan terpampang di titik-titik pasar. Barang dagangan sengaja dikelompokkan sesuai dengan jenisnya untuk memudahkan pengunjung Pasar Manis.



Layaknya Supermarket, Belanja Pakai Troli di Pasar Manis Purwokerto

Sejumlah pengunjung mengaku senang dan betah belanja di Pasar Manis karena tertata dengan baik. Kondisi pasarnya juga rapi dan bersih.
 
"Di sini kita dipermudah mencari jenis-jenis barang yang kita butuhkan karena adanya zona dagangan yang tertata dengan rapi. Selain itu, kondisi pasar yang bersih dan tertata rapi membuat saya betah berbelanja setiap hari di sini," tutur Novia Rusanti (39), warga Purwokerto, Senin (25/3/2019).

"Di sini kita bisa berbelanja dengan troli, tinggal kita dorong saja kayak di supermarket. Jadi meski ini pasar tradisional tapi pengelolaannya modern," timpal Ummy Zufar, warga Purwokerto lainnya yang juga sedang berada di Pasar Manis.

Para pedagang di Pasar Manis Purwokerto juga mengaku senang bisa berjualan. Daya tarik pasar tradisional ini memang memikat pembeli untuk berbelanja di Pasar Manis. Para pedagang juga   mengikuti aturan pihak pengelola agar pasar tradisional bernuansa modern dan nyaman.

"Memang ada sejumlah aturan yang harus kami ikuti di sini, di antaranya menjaga kebersihan pasar. Selain itu barang dagangan di kios-kios kami juga harus tertata menarik dan rapi agar pengunjung pembeli senang," ujar Atun, pedagang buah.

Layaknya Supermarket, Belanja Pakai Troli di Pasar Manis Purwokerto

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas, Yunianto mengatakan, Pasar Manis baru saja mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perdagangan kategori kategori Pengelolaan Pasar Rakyat atau Tradisional terbaik di Indonesia. Pasar Manis mengalahkan ratusan pasar tradisional di seluruh Indonesia yang telah direvitalisasi.

"Tentunya dalam hal ini pasar kami ini merupakan pasar rakyat bernuansa modern. Terutama saat masuk pasar di situ ada kebersihan, zonasinya juga jelas. Di situ juga pasarnya terang dan tidak ada yang gelap lokasinya. Ada juga tempat dan jalur-jalur yang sudah ada tanda-tanda untuk penunjuk dagangan," kata Yunianto, Kadisperindag Banyumas.

Pasar manis ini juga telah mengantongi Standar Nasional Indonesia SNI 812 tahun 2012. Selain bersih dan rapi, penataan pedagang dibuat sistem zonasi untuk mempermudah pembeli. Pasar juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung seperti aula pertemuan, musala, ruang laktasi, dan fasilitas untuk kaum disabilitas.

Sebagai pasar tradsional bernuansa modern, Pasar Manis dilengkapi dengan pusat kuliner, sehingga aktivitas pasar ini hingga sampai malam hari. Jika datang dari luar kota, anda bisa sempatkan diri untuk mampir ke Pasar Manis. Meski tidak untuk berbelanja kebutuhan dapur, setidaknya Anda juga bisa menikmati sajian kuliner yang khas asal Banyumas seperti soto sokaraja, mendoan purwokerto, gethuk, pecel hingga aneka minuman.



(AMM)

loading...