Putra Arisa Semarang Juarai Festival SSB PWI Jateng Cup

Senin, 25 Maret 2019 - 08:34 WIB
Putra Arisa Semarang Juarai Festival SSB PWI Jateng Cup
Putra Arisa Semarang Juarai Festival SSB PWI Jateng Cup. Foto/iNews/Suryono Sukarno
A A A
PEKALONGAN - Klub SSB Putra Arisa Semarang menjuarai Festival SSB PWI Jateng Cup U-11. Tim asal Kota Atlas tersebut berhasil mengalahkan kesebelasan SSS yang juga asal Semarang dengan skor 2-1.

Ketua PWI Jateng Amir Machmud NS yang hadir pada acara penutupan event tersebut mengaku bangga atas pegelaran ini. Menurutnya, turnamen ini merupakan gambaran wajah tim sepak bola nasional di masa depan.

"Mudah-mudahan dari tim yang ikut di event bisa menjadi bagian dari tim nasional. Tim nasional U-16 sudah berprestasi, U-19 juga luar biasa. U-22 baru saja menjuarai piala AFF. Dari turnamen ini mudah-mudahan muncul pemain yang bisa menjadi bagian dari tim nasional," katanya.

Bupati Pekalongan Asip Kholbihi dalam upacara pembukaan menyampaikan perstujuannya Festival Sepak Bola SSB PWI Jateng Cup menjadi agenda tahunan. Tentu saja nanti bekerja sama dengan Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Pekalongan.

"Semoga event ini bisa menjadi salah satu ajang mencari bibit bibit ke depan, pemain pemain asepak bola profesional," kata dia.

Pembukaan turnamen tersebut ditandai dengan tendangan sepak bola dari orang nomor satu di Pemkab Pekalongan kepada pemimpin pertandingan atau wasit. Bupati juga berkesempatan foto bersama dengan para pemaian sepak bola di event tersebut.

Sebelumnya, sebanyak 24 tim atau club Sekolah Sepak Bola (SSB) usia dibawah 11 tahun dari berbagai daerah di Jawa Tengah siap memperembutkan piala PWI Jateng Cup 2019 serta hadiah total Rp 10.000.000 dalam Festival Sepak Bola SSB U-11.

Turnamen itu diadakan hasil kerja sama antara PWI Kabupaten Pekalongan dan Hizbul Wathan (HW) Kajen. Pelaksanaan event tersebut pada 23-24 Maret 2019, di Lapangan Nasional, Kelurahan/Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Ketua Panitia, M Ashon menyampaikan, batas usia pemain adalah siswa SSB dengan kelahiran Januari 2008 atau setelahnya. Adapun jumlah pemain yang boleh di daftarkan dalam satu pertandingan adalah 15 (pemain yang terdiri dari 9 pemain inti dan 6 pemain cadangan).

"15 menit sebelum pertandingan dimulai kedua tim yang akan bertanding harus sudah hadir di pinggir lapangan dan official tim menyerahkan Daftar Susunan Pemain (DSP) kepada Pengawas Pertandingan (PP). Sebelum pertandingan diadakan checking pemain oleh Panitia dan Check silang antar official kedua team dengan mekanisme pengecekan kartu pemain," jelasnya.

Adapun dimensi papangan yang digunakan untuk pertandingan yaitu 68 m x 50 m. Kotak pinalti 13 meter dari gawang, sedangkan dimensi gawang 5 m x 2,1 m. Selanjutnya untuk peraturan pertandingan, ia menjelaskan, peserta dibagi ke dalam 6 group, satu group terdiri dari 4 tim.

Pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi atau semua tim dalam satu group akan saling berhadapan. Sehubungan dengan durasi waktu pertandingan adalah 2 x 10 menit dengan waktu istirahat maks 5 menit.

"Putaran final menggunakan sistem gugur. Tim yang menang maju ke babak berikutnya dan yang kalah selesai mengikuti festival SSB PWI Jateng Cup 2019 ini," tandasnya.

Pada pelaksanaan event ini PWI Kabupaten Pekalongan menyiapkan hadiah undian berupa sepeda dan lainnya untuk para penonton Festival Sepak Bola SSB U-11 tahun, PWI Jateng Cup 2019.

Sementara itu, Ketua PWI Kabupaten Pekalongan Agus Setiawan menambahkan, semangat dalam event ini adalah untuk memberikan ruang dan pembinaan kepada atlet sepak bola yunior atau usia dibawah 11 tahun agar memiliki jadwal tanding yang tinggi. Sebab semakin banyak ada ruang pertandingan akan mengasah mental tanding para pesepak bola anak usia dibawah 11 tahun.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9142 seconds (0.1#10.140)