alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

NU Perkuat Persaudaraan Sesama Umat Tanpa Permusuhan

Ahmad Antoni
NU Perkuat Persaudaraan Sesama Umat Tanpa Permusuhan
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj saat memberikan tausiyah dalam kegiatan Harlah ke-96 NU di Balai Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/3/2019). FOTO/SINDOnews/Ahmad Antoni

SEMARANG - Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menegaskan bahwa Nahdlatul Ulama (NU) didirikan para ulama bertujuan untuk memperkuat Ukhuwah Islamiyah dan Ukhuwah Watoniyah yakni memperkuat persaudaraan sesama umat.

“Tujuan NU di dirikan adalah untuk memperkuat persaudaraan sebangsa dan setanah air tidak ada permusuhan, namun yang ada adalah persaudaraan, asal sama warga negara Indonesia berarti saudaranya NU baik itu muslim maupun nonmuslim,” kata Said saat memberikan tausiyah dalam acara Harlah ke-96 NU di Balai Kota Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/3/2019).

Dia menjelaskan bahwa sesuai keputusan muktamar Banjarmasin Kalimantan Selatan tahun 1936 bahwa Indonesia menurut NU adalah Darussalam yaitu negara yang damai, bukan Darul Islam bukan pula Darul Kafir .



“Maka yang berlaku di Indonesia ini adalah muwatonah, citizenship kewarganegaraan asal warga negara Indonesia maka hak dan kewajibanya sama,” tegasnya.
NU Perkuat Persaudaraan Sesama Umat Tanpa Permusuhan

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi menyampaikan peringatan Harlah ke-96 NU merupakan kegiatan yang positif. Menurutnya, NU membuktikan bisa melewati tantangan zaman.

“NU hingga saat ini menjadi yang terdepan dalam menghadapi persolan bangsa. Apalagi saat kemarin Kota Semarang diteror pembakaran mobil dan bermotor yang misterius,” kata wali kota yang akrab disapa Hendi ini.

Dia menerangkan, ada pekerjaan rumah sedikit bagi NU dalam waktu dekat. Yakni mengawal dan menyukseskan Pemilu 2019 yang tinggal beberapa pekan lagi.

“NU berperan menjaga kondusifitas dan keguyuban terus terjaga. Militansi kader NU tidak perlu diragukan, karena meski saat ini hujan mereka tetap berbondong-bondong memeriahkan acara Harlah NU ke-96,” ujarnya.

Sementara itu, sekitar 50 ribu warga NU dan masyarakat tumpah ruah ikut memeriahkan Harlah ke-96 NU dengan beragam kegiatan seperti jalan sehat yang diramaikan dengan penampilan grup Balasik Gerakan Pemuda Ansor Ranting Wonosari Ngaliyan Semarang, grup Angklung Banser Temanggung hingga atraksi drum band dari unit madrasah.



(nun)

loading...