Dataran Tinggi Dieng Diguncang Gempa Magnitudo 2,3 SR

Minggu, 24 Maret 2019 - 07:58 WIB
Dataran Tinggi Dieng Diguncang Gempa Magnitudo 2,3 SR
Dataran Tinggi Dieng Diguncang Gempa Magnitudo 2,3 SR. Ilustrasi
A A A
BANJARNEGARA - Warga dataran tinggi Dieng Jawa Tengah dikagetkan dengan goyangan gempa magnitudo 2,3 SR, Sabtu (23/3/2019) pukul 18.36 WIB. Titik pusat gempa cukup dangkal yakni pada kedalaman 10 kilometer.

"Sebagian masyarakat Dieng dan sekitarnya dikejutkan dengan adanya guncangan gempa bumi. Dari hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika Banjarnegara diperoleh parameter gempa bumi dengan kekuatan M=2,3. Pusat gempa bumi ini berada di darat pada koordinat -7,12 Lintang Selatan dan 109,88 Bujur Timur, sekitar 2,5 kilometer Barat Laut Dieng," ujar Kepala Stasiun Geofisika Klas III Banjarnegara, Setyoajie Prayoedhie.

Berdasarkan laporan dari masyarakat, guncangan tersebut dirasakan di Dieng I-II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal," tuturnya.

Hingga saat ini hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0263 seconds (0.1#10.140)