Tekan Pengangguran, Sandi Resmikan Oke Oce dan Rumah Siap Kerja

Sabtu, 23 Maret 2019 - 17:17 WIB
Tekan Pengangguran, Sandi Resmikan Oke Oce dan Rumah Siap Kerja
Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan Oke Oce Center dan Rumah Siap Kerja di Ngentak, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Sabtu (23/3/2019). FOTO/SINDOnews/Priyo Setyawan
A A A
SLEMAN - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Sandiaga Salahuddin Uno pada hari kedua kunjungan di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mendatangi Dusun Ngentak, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Sabtu (23/3/2019). Selain menyerap aspirasi masyarakat, Sandi juga meresmikan Oke Oce Center dan Rumah Siap Kerja.

Kedua tempat tersebut merupakan kolaborasi menumbuhkan kegiatan kewirausahaan dan membuka lapangan kerja untuk anak muda. Konsepnya adalah kemitraan antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dalam sebuah konsep public private partnership.

Oke Oce Center merupakan pusat pelatihan bagi para wirausaha dengan mengunakan konsep 7 PAS yakni Pendaftaran, Pelatihan, Pembinaan, Perizinan, Pendampingan, Pembukuan, dan Permodalan. Sedangkan Rumah Siap Kerja adalah pelayanan terpadu satu pintu bagi generasi muda yang ingin bekerja atau menjadi pelaku wirausaha.

"Di sini anak muda bisa datang mencari informasi lowongan kerja dan akan mendapatkan bimbingan maupun arahan. Mereka juga bisa nongkrong sambil mengasah keterampilan wirausaha, sambil berkegiatan ringan, berolah raga dan kegiatan lainnya," kata Sandi saat menghadiri acara Oke Oce 4.0 dengan tema "Perbaiki Keahlianmu, Naikkan Kualitasmu, Tingkatkan Pendapatanmu".

Sandi menjelaskan, Rumah Siap Kerja bekerja sama dengan sejumlah perusahaan besar dengan cara memberi insentif kepada mereka agar mendukung, sekaligus merekrut anak-anak muda untuk masuk ke dunia kerja. "Saat ini sudah ada 5-6 perusahaan yang telah berkolaborasi dalam Rumah Siap Kerja," katanya.

Menurut Sandi, dari 7 juta pengangguran di Indonesia, 61% di antaranya anak muda berusia 16-24 tahun. Karena itu program ini berguna menyiapkan anak muda menjadi wirausaha baru. Mereka akan mendapatkan layanan gratis untuk mencari kerja dan mengembangkan keterampilan. "Ke depan tidak boleh lagi ada anak muda yang menganggur," katanya.

Koordinator Nasional OK OCE Prasasti, Victor Aritonang menambahkan, sejauh ini telah melakukan edukasi kepada calon wirausaha baru di 50 kota di Indonesia. Dengan hadirnya OK OCE dan Rumah Siap kerja cabang Yogyakarta diharapkan jumlah pekerja dan wirausaha di DIY akan meningkat. "Sandiaga Uno setelah dari Sleman, melanjutkan kegiatan ke Klaten," katanya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7552 seconds (0.1#10.140)