2.146 Calon Mahasiswa Lolos SNMPTN Undip Semarang

Sabtu, 23 Maret 2019 - 06:16 WIB
2.146 Calon Mahasiswa Lolos SNMPTN Undip Semarang
Sebanyak 2.146 siswa dinyatakan lolos dan diterima di Universitas Diponegoro (Undip) melalui jalur SNMPTN 2019. FOTO/ILUSTRASI/IST
A A A
SEMARANG - Sebanyak 2.146 siswa dinyatakan lolos dan diterima di Universitas Diponegoro (Undip) melalui jalur SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) 2019. Mereka merupakan bagian dari 92.331 siswa yang dinyatakan lolos SNMPTN pada 85 PTN.

Jumlah tersebut termasuk dari 26.217 siswa dari peserta Bidikmisi. Secara nasional, keseluruhan peserta yang mendaftarkan diri melalui seleksi SNMPTN sebanyak 478.608 siswa.

Wakil Rektor Undip Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof Muhammad Zaenuri menyampaikan selamat kepada seluruh siswa yang dinyatakan diterima di Undip melalui SNMPTN. Selanjutnya bagi calon mahasiswa yang diterima jalur ini, dipersilakan melihat secara rinci dan melengkapi data-data yang diperlukan sesuai petunjuk di website Undip. (Baca Juga: UGM Terima 1.728 Calon Mahasiswa Baru Jalur SNMPTN)

"Mereka diharapkan hadir secara pribadi dan tidak boleh mewakilkan saat registrasi (daftar ulang), karena sebagai persyaratan untuk diproses lebih lanjut sesuai dengan fakultas dan prodi yang dituju," tutur Zaenuri, Jumat (22/3/2019).

"Saya berharap, semoga prestasi yang sudah diraih saat masuk melalui seleksi SNMPTN ini, dapat dipertahankan dan berlanjut di tingkat universitas nantinya," kata Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip ini.

Sementara itu, Kepala Humas dan Media Undip Nuswantoro Dwiwarno menegaskan, siswa yang sudah diterima melalui SNMPTN tidak menyia-nyiakan kesempatan. Sebab banyak siswa yang masih harus berjuang untuk masuk perguruan tinggi sesuai harapannya. Selain itu, menurut aturan baru dari LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) mereka yang sudah diterima melalui jalur ini, sudah terkunci data dan namanya sehingga tidak bisa mendaftar melalui jalur SBMPTN.

"Bagi yang belum lolos seleksi SNMPTN, tetap harus semangat dan terus belajar serta berdoa untuk mengikuti test UTBK. Siapa tahu Tuhan memberikan jalan melalui jalur ini untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negeri yang diidamkan,” ujar dosen Fakultas Hukum itu.

Perlu diinformasikan bahwa persaingan masuk melalui seleksi SNMPTN tahun ini cukup ketat. Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan LTMPT, tercatat 478.608 siswa yang mendaftar seleksi SNMPTN, hanya 92.331 siswa yang dinyatakan lolos seleksi. Universitas Brawijaya tercatat menerima paling banyak dari jalur SNMPTN, yaitu 3.957 siswa. Sedangkan Universitas Syah Kuala tercatat paling sedikit menerima mahasiswa melalui jalur ini, yakni sebanyak 2.039 siswa.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.7996 seconds (0.1#10.140)