Bomber B-52 AS Dikuntit Jet Tempur Su-27 Rusia

Jum'at, 22 Maret 2019 - 15:43 WIB
Bomber B-52 AS Dikuntit Jet Tempur Su-27 Rusia
Pesawat pembom strategis B-52 Stratofortress Amerika Serikat. Foto/REUTERS/Ints Kalnins
A A A
MOSKOW - Dua pesawat jet tempur Su-27 Moskow menguntit pesawat pembom (bomber) B-52 di atas Laut Baltik. Informasi ini disampaikan oleh Rusia, namun Washington menyebut pesawat pembomnya tak dikejar jet tempur Moskow dan misinya tak terganggu.

Interaksi jet tempur dan pesawat pembom itu berlangsung 20 Maret 2019. Kementerian Pertahanan Rusia telah merilis aksi dua pesawat Su-27 tersebut.

Menurut kementerian itu, dua jet tempur Moskow telah membuat pesawat pembom B-52 Amerika berpaling dari perbatasan Rusia di atas Laut Baltik. Pesawat bomber itu terlihat jauh di atas perairan internasional dan terus diawasi.
Sementara itu, juru bicara Angkatan Udara AS untuk Eropa dan Afrika, Renae Pittman, kepada TASS yang dikutip Jumat (22/3/2019) mengatakan dua jet tempur Sukhoi-27 Rusia tidak mengejar pembom B-52 AS dari perbatasan Rusia.

Pittman mengatakan, pembom AS itu melakukan operasi rutin di wilayah udara internasional dengan melakukan patroli kebebasan navigasi dan overflight.

"Pada 20 Maret, B-52 melakukan interaksi rutin dengan Su-27 Rusia saat melakukan operasi di atas Laut Baltik. Para pilot menggunakan transponder dan beroperasi sesuai dengan hukum internasional," ujarnya.

"Pesawat Rusia tidak mengejar B-52, dan pembom mampu menyelesaikan misinya. Operasi dan keterlibatan dengan sekutu dan mitra kami menunjukkan dan memperkuat komitmen bersama kami untuk keamanan dan stabilitas global," katanya.

Sebelumnya, Amerika Serikat telah memindahkan enam pesawat pembom strategis B-52 ke Eropa. Juru bicara kepresidenan Rusia Dmitry Peskov mengatakan tindakan itu meningkatkan ketegangan.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6825 seconds (0.1#10.140)