Curi Ternak di Pekalongan, Tiga Warga Wonosobo Dibekuk Polisi

Jum'at, 15 Mei 2020 - 22:14 WIB
loading...
Curi Ternak di Pekalongan, Tiga Warga Wonosobo Dibekuk Polisi
Tiga warga Wonosobo, anggota komplotan pencuri sapi ditangkap oleh Polres Pekalongan, Jumat (15/5/2020). FOTO/iNews/SURYONO SUKARNO
A A A
PEKALONGAN - Tiga warga Wonosobo, anggota komplotan pencuri sapi ditangkap oleh Polres Pekalongan. Kelompok pencuri ini telah beraksi sebanyak lima kali di beberapa wilayah Kabupaten Pekalongan.

Ketiga pencuri sapi yang berhasil ditangkap berinisial W (50), U (31), dan S (35). Satu orang lagi masih buron dan masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

Kepala Polres Pekalongan AKBP Aris Tri Yunarko mengatakan, para tersangka telah melakukan pencurian di Kecamatan Petungkriono, Talun, Lebakbarang, dan Paninggaran. "Tiga tersangka tersebut kami bekuk dalam operasi pencegatan bersama Satlantas Polres Semarang di pintu keluar Tol Tingkir, Salatiga pada Kamis (14/5) pagi," katanya dalam gelar perkara di Mapolres Pekalongan, Jumat (15/5/2020). (Baca Juga: Ketahuan Curi Motor di Sleman, Pemuda Klaten Dihajar Massa)

Dalam penangkapan itu, polisi juga mengamakan barang bukti kejahatan berupa dua ekor sapi dan kendaraan yang digunakan untuk beraksi.

Menurut Kapolres, dari hasil pemeriksaan sementara, tersangka mengaku melakukan pencurian hewan di lima kali. Dua kali di Kecamatan Lebakbarang dan masing-masing sekali di Petungkriono, Talun, dan Peninggaran.

"Saat ini, kami masih memburu satu tersangka lain yang masih buron. Satu orang pelaku masuk daftar pencarian orang (DPO), semoga secepatnya dapat ditangkap," katanya.

Modus kejahatan yang dilakukan kelompok ini adalah sebelum beraksi mereka mengamati atau mengecek lokasi sasaran terlebih dulu, utamanya kandang sapi yang tidak berpengamanan. Selain itu, mereka juga mencari jalan keluar maupun masuk yang tidak diketahui oleh warga dan polisi. "Tiga tersangka akan kami jerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan," katanya.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi menyampaikan, beberapa hari lalu, sejumlah kepala desa menghadap dirinya. Dalam silaturrahmi itu, muncul keluhan tentang maraknya pencurian hewan ternak sapi di desa. Mereka meminta keluhan ini disampaikan kepada Kapolres Pekalongan.

"Kapolres beserta jajarannya bertindak cepat sehingga pada hari ini kita bisa menyaksikan para pelaku sudah ditangkap beserta barang buktinya," katanya.

Bupati mewakili seluruh masyakat Kabupaten Pekalongan menyampaikan apresiasi kepada Polres Pekalongan, di tengah upaya memerangi virus corona, gangguan keamanan bisa cepat dituntaskan. Hal ini memberikan rasa aman pada masyarakat di tengah-tengah situasi pandemi.

"Saya juga mengimbau kepada seluruh masyakat Kabupaten Pekalongan dan para kepala desa/Lurah untuk mengaktifkan siskamling, sehingga bisa memberi rasa aman pada lingkungan," kata Asip Kholbihi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1473 seconds (0.1#10.140)