Wakil Wali Kota Salatiga Ajak Masyarakat Perkuat Kerukunan

Jum'at, 22 Maret 2019 - 08:04 WIB
Wakil Wali Kota Salatiga Ajak Masyarakat Perkuat Kerukunan
Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris saat memberikan sambutan kegiatan sosialisasi peningkatan toleransi dan kerukunan umat beragama di Ruang Kaloka Gedung Setda Kota Salatiga, Kamis (21/3/2019).
A A A
SALATIGA - Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mengajak masyarakat untuk memperkuat kerukunan serta hidup harmonis di tengah keragaman dan perbedaan. Kehidupan masyarakat yang telah berlangsung dengan rukun, nyaman dan aman harus dijaga agar kondusifitas keamanan terus terjaga dengan baik.

“Kota Salatiga sebagai Indonesia mini yang dihuni penduduk beragam suku, agama dan ras berbeda namun rukun satu dengan yang lain sehingga kehidupan masyarakat berlangsung dengan nyaman, sejuk dan damai. Meski tak dipungkiri, kerukunan antar umat beragama menjelang Pemilu sedang diuji, namun segala bentuk ujian tersebut tidak akan berarti jika masyarakat menyadari hakekat kebersamaan dan keharmonisan di dalam perbedaan,” kata Muh Haris saat memberikan sambutan dan membuka sosialisasi peningkatan toleransi dan kerukunan umat beragama di Ruang Kaloka Gedung Setda Kota Salatiga, Kamis (21/3/2019).

Muh Haris menuturkan, selayaknya keragaman dibingkai dalam kesadaran penuh sebagai potensi negara yang sangat besar. Dia menggambarkan keragaman seperti bunga yang berwarna-warni sehingga menjadi sebuah taman yang indah, aneka satwa berkumpul dalam satu lingkup yang damai sehingga menjadi kebun binatang yang menyenangkan.

Karena itu, Muh Haris mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersama berikhtiar, mewujudkan Kota Salatiga yang maju, beradab dan hati beriman. “Kalau berbagai jenis binatang saja bisa menjadikan sebuah lingkup yang menyenangkan untuk dikunjungi, masa manusia tidak bisa berkumpul dalam kehidupan yang harmoni diantara keragaman,” tukasnya.

Dalam kesempatan ini pula, Muh Haris mengajak seluruh komponen masyarakat dan pemerintah kota untuk menciptakan dan menjaga suasana yang kondusif dan toleran di Kota Salatiga melalui upaya memajukan usaha kuliner dan tempat rekreasi keluarga guna meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD). Sebab disadari, Salatiga tak memiliki lahan pertanian yang luas dan lahan industri yang besar.

“Kita dapat menjual suasana yang akrab, nyaman, sejuk sebagai potensi Kota Salatiga. Dulu ketika orang membayangkan jika pasca pembangunan jalan tol, Salatiga akan menjadi kota yang sepi,” ujarnya.

Namun kenyataannya, kata Muh Haris, setelah dua tahun berjalan Salatiga tetap ramai. Banyak masyarakat dari luar daerah yang berkunjung dan berwisata kuliner di Salatiga. Bahkan, dalam satu tahun belakangan PAD Kota Salatiga naik.

“Untuk itu, mari kita bersama-sama memajukan usaha kuliner, tempat-tempat rekreasi keluarga, yang tentunya membutuhkan suasana yang kondusif dan toleran,” tandasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9351 seconds (0.1#10.140)