Motocross Internasional MXGP Semarang Tetap Digelar Tahun Ini

Kamis, 21 Maret 2019 - 05:54 WIB
Motocross Internasional MXGP Semarang Tetap Digelar Tahun Ini
Kota Semarang dipastikan kembali menjadi tuan rumah seri kejuaraan motocross internasional MXGP tahun ini, setelah sukses menggelar even serupa pada 2018. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Kota Semarang dipastikan kembali menjadi tuan rumah seri kejuaraan motocross internasional MXGP tahun ini, setelah sukses menggelar even serupa pada 2018. Kepastian tersebut ditegaskan oleh Sekretaris Jenderal Pengurus Pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) Jeffrey JP.

Dirinya bahkan mengatakan penyelenggaraan even dunia di Kota Semarang itu menjadi bagian dari kewajiban IMI Pusat untuk menangani even otomotif kelas internasional. Pernyataan itu sekaligus meluruskan isu pembatalan even MXGP di Kota Semarang, yang disebabkan adanya penolakan rekomendasi IMI Jateng.

"Hal ini juga untuk meredam permasalahan yang ada di daerah. Lagi pula, memang wewenang PP IMI untuk even internasional. Kami pastikan tetap digelar di Semarang sesuai jadwal (kalender even). Saya kira semua pihak harus memikirkan untuk menyukseskan ini demi kepentingan yang lebih besar," kata Jeffrey, Rabu (20/3/2019).

Sekretaris Jenderal IMI Pusat itu meyakinkan bahwa penyelenggaraan MXGP di Kota Semarang adalah menyangkut harga diri bangsa. Pasalnya, dengan predikat Kota Semarang sebagai salah satu penyelenggara MXGP terbaik di dunia, sehingga berlangsungnya even bertaraf internasional tersebut sangat dinantikan oleh para rider serta penggemar otomotif di dunia.

"Para rider dunia suka dengan arena balap di Kota Semarang," ujarnya.

Senada, Wakil Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, Benk Mintosih pun mendukung kembalinya MXGP digelar di Kota Semarang. Dirinya berkeyakinan keberlangsungan event motocross dunia tersebut memiliki dampak yang besar terhadap perputaran ekonomi di Ibu Kota Jawa Tengah.

"Tahun lalu semua hotel hampir penuh semua. Kalau tidak jadi, maka kerugiannya sangat besar. Sebut saja 1.000 kamar dikalikan Rp400.000 misalnya, dikalikan lagi rata-rata menginap lima malam. Insan perhotelan suka kalau pemkot bikin acara-acara yang melibatkan tamu untuk stay lama di semarang. Upaya tahun lalu sudah cukup bagus," kata GM salah satu hotel berbintang itu.

Adapun dalam website resmi MXGP.com, Kota Semarang telah tercantum sebagai penyelenggara even seri ke-12, yang direncanakan akan digelar pada 14 Juli 2019. Dalam website tersebut juga, seperti tahun kemarin, MXGP masih akan menggunakan track sirkuit motocross yang terletak di Bukit Semarang Baru, Kota Semarang. MXGP Kota Semarang tersebut akan berlangsung sebelum gelaran MXGP seri ke-13 di Republik Ceko.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4796 seconds (0.1#10.140)