alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dicurigai Bakal Ubah BAP, Taufik Kurniawan Tetap Ditahan di Polda Jateng

Taufik Budi
Dicurigai Bakal Ubah BAP, Taufik Kurniawan Tetap Ditahan di Polda Jateng
Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan seusai menjalani sidang dakwaaan di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (20/3/2019). FOTO/SINDOnews/AHMAD ANTONI

SEMARANG - Permintaan Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan untuk dipindah penahanan dari Mapolda Jateng ke Lapas Kedungpane ditolak jaksa KPK. Ada dugaan upaya mengubah keterangan Berita Acara Pemeriksaan (BAP) ketika terdakwa bertemu saksi-saksi di Lapas Kedungpane.

"Ada beberapa saksi yang menempati Lapas Kedungpane, untuk itu kami pertimbangan keamanan juga. Ada informasi pula suruhan terdakwa untuk meminta saksi diubah," kata Jaksa KPK Eva Yustisiana dalam sidang di Pengadilan Tipikor, Semarang, Rabu (20/3/2019).

Atas pertimbangan itu, pihaknya tidak akan mengabulkan permintaan terdakwa bertemu dengan dua saksi. Mereka akan dihadirkan dalam sidang selanjutnya. Untuk itulah, Taufik Kurniawan tetap ditempatkan di tahanan Mapolda Jateng.



"Terdapat sekira lima sampai tujuh saksi yang saat ini menempati Lapas Kedungpane. Mereka mengaku didatangi oleh satu orang," terang Eva.

Sementara itu, Ketua Majelis Hakim Antonius Widijantono, mengaku akan mempertimbangkan permintaan tim kuasa hukum terdakwa tentang pemindahan penahanan. Terlebih setelah mendengarkan keberatan dari tim jaksa KPK. (Baca juga: Taufik Kurniawan Didakwa Terima Suap Rp4,8 M dari Kebumen dan Purbalingga)



(AMM)

loading...