Dua Korban Longsor di Imogiri Bantul Ditemukan Meninggal Dunia

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:56 WIB
Dua Korban Longsor di Imogiri Bantul Ditemukan Meninggal Dunia
Petugas BPBD dan relawan menemukan jasad korban longsor di Pajimatan, Wukirsari, Imogiri Bantu, Rabu (20/3/2019). FOTO/SINDOnews/SUHARJONO
A A A
BANTUL - Pencarian dua korban tertimbun tanah longsor di Dusun Pajimatan atau Kedung Buweng, Wukirsari, Imogiri, Bantul membuahkan hasil. Sore ini dua korban, masing-masing Rufi Kusuma Putri (9) dan Eko Supadmi (45) ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, Dwi Daryanto menjelaskan, setelah melakukan pencarian selama tiga hari, korban pertama ditemukan sekitar pukul 15.00 WIB.
Setelah diidentifikasi korban diketahui adalah Rufi Kusuma Putri.

Jasad Rufi pertama ditemukan dari rambutnya, kemudian tim relawan gabungan menghentikan alat berat dan dilakukan evakuasi manual. "Korban pertama ditemukan pukul 14.30 kemudian setelah 30 menit berhasil dievakuasi para relawan gabungan," katanya kepada wartawan, Rabu (20/3/2019). (Baca Juga: Tanah Longsor Bantul, ACT DIY Lanjutkan Pencarian Dua Korban Hilang)

Dijelaskannya, setelah jenazah Rufi ditemukan, pencarian dilanjutkan di area yang sama. Akhirnya jenazah kedua juga berhasil ditemukan dan dilakukan evakuasi. "Korban kedua adalah Eko Supadmi. Jasad Eko Supadmi berhasil ditemukan pada pukul 15.50 WIB. Dengan demikian, semua korban akibat tanah longsor di Imogiri berhasil ditemukan," katanya.

Tiga alat berat yang digunakan untuk evakuasi pun langsung ditarik. Sedangkan dua jenazah langsung dibawa ke rumah sakit Bhayangkara Polda DIY untuk identifikasi.

Perlu diketahui, dua korban tertimbun longsor tersebut akibat material longsor di kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri yang tergerus air hujan. Dua rumah tertimbun material longsor yang berasal dari sisi atas atau tepat di bawah kompleks makam tersebut. Tiga orang tewas dalam peristiwa itu.

Kepala Pelaksana BPBD DIY Biwara Yuswantana menjelaskan, akibat bencana banjir dan tanah longsor lima warga dilaporkan tewas. Dua di antaranya karena banjir dan tiga warga tertimbun material longsor.

"Semua korban sudah ditemukan. Jadi total ada lima korban meninggal dunia akibat banjir dan tanah longsor di Bantul," katanya. (Baca Juga: Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri Longsor)

Lima warga yang dinyatakan tewas dalam peristiwa tersebut adalah Painem, warga Numpukan, Karangtengah, Imogiri; Sudiatmojo, Rufi Kusuma Putri, Eko Supadmi, ketiganya warga padukuhan Panjimatan, Desa Wukirsari, Kecamatan Imogiri; serta Sukiyat warga Dusun Nogosari, Desa Selopamioro, Imogiri.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3596 seconds (0.1#10.140)