Tangkal Radikalisme, Generasi Muda Dituntut Miliki Kemampuan Deteksi Dini

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:46 WIB
Tangkal Radikalisme, Generasi Muda Dituntut Miliki Kemampuan Deteksi Dini
Puluhan siswa dari sejumlah SMA dan SMK saat mengikuti orientasi kewaspadaan nasional (Orpadnas) tingkat Kota Salatiga 2019 di Gedung Setda, Rabu (20/3/2019). IST
A A A
SALATIGA - Wali Kota Salatiga Yuliyanto meminta kalangan generasi muda untuk berperan serta dalam menjaga kondusifitas dan mengantisipasi masuknya gerakan radikalisme serta terorisme. Untuk itu, generasi muda juga harus memiliki kemampuan deteksi dini terhadap gerakan radikalisme dan terorisme.

"Saya berharap, Anda sebagai generasi muda harus mampu mendeteksi dini gerakan radikalisme dan terorisme. Ini bisa dilatih. Segera laporkan ke aparat keamanan jika menemui hal-hal itu di lingkungan Anda," kata Yuliyanto saat membuka orientasi kewaspadaan nasional (Orpadnas) tingkat Kota Salatiga 2019 yang digelar Badan Kesbangpol di Gedung Setda Salatiga, Rabu (20/3/2019).

Selain itu, Yuliyanto juga meminta kepada generasi muda bijak dalam memilah informasi dan tidak berkomentar dengan kalimat negatif. Meski kebebasan berpendapat, berekspresi, dan berkumpul dilindungi oleh regulasi, namun dalam Undang-undang (UU) ITE ada aturan yang bisa dipergunakan untuk menjerat seseorang penebar informasi yang belum tentu kebenarannya, berita palsu ataupun ujaran kebencian.

"Tantangan generasi muda sekarang cukup berat karena perkembangan teknologi yang pesat. Karena itu, bijaklah dalam memilah atau menyampaikan informasi. Jangan mudah terprovokasi dengan berita yang belum tentu kebenarannya dan jangan gampang terbawa arus negatif, termasuk gerakan radikalisme," ujarnya.

Di sisi lain, Yuliyanto mengapresiasi Badan Kesbangpol yang mengambil kelompok sasaran Orpadnas dari kalangan pelajar tingkat SMA/SMK/MA se-Kota Salatiga. Pembinaan generasi muda sebagai penerus bangsa merupakan bagian dari pembangunan manusia seutuhnya.

"Pembangunan manusia inilah yang menjadi prioritas pembangunan di Kota Salatiga. Jika manusia sudah sejahtera, berpendidikan dan sehat tentunya akan lebih mudah dalam menangkal masuknya gerakan-gerakan radikalisme," pungkasnya.

Sementara itu, Kasubid Kewaspadaan Dini, Pengawasan Orang dan Lembaga Asing, Badan Kesbangpol Kota Salatiga Tyas Winarni mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi siswa jenjang SMA tentang kewaspadaan nasional. Disamping itu, juga untuk melatih generasi muda agar memiliki kemampuan deteksi dini terhadap gerakan radikalisme dan terorisme.

"Kami berharap ke depan peserta Orpadnas bisa mempunyai kemampuan deteksi dini terhadap gerakan radikalisme dan terorisme serta berperan aktif dalam menjaga situasi dan kondisi wilayah," tandasnya.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4034 seconds (0.1#10.140)