Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri Longsor

Senin, 18 Maret 2019 - 19:37 WIB
Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri Longsor
Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Panjimatan, Wukirsari, Imogiri, Bantul longsor setelah hujan deras mengguyur sejak Minggu hingga Senin (17-18/3/2019). FOTO/IST
A A A
BANTUL - Hujan deras yang menguyur sejak Minggu pagi hingga Senin dini hari (17-18/3/2019) menyebabkan sejumlah wilayah Kabupaten Bantul dilanda banjir dan tanah longsor .

Bencana longsor juga menimpa kompleks makam Raja-Raja Mataram di Panjimatan, Wukirsari, Imogiri, Bantul. Jalan penghubung antara makam Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) IX dan calon makam Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X putus diterjang air.

Bekas banjir juga membuat aliran air seperti sungai turun ke bawah bukit. Ujung longsoran bagian atas persis di bawah tembok calon makam HB X. Longsoran di sisi timur berada persis di gerbang luar calon makam HB X, sementara di bagian barat berada di dekat gerbang bagian luar kompleks makam HB IX, VIII dan VII.

Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri Longsor


Jumali, juru pemeliharaan makam Imogiri, kepada wartawan menuturkan, peristiwa ini terjadi Minggu (17/32019) sekitar pukul 22.00 WIB saat hujan deras menguyur wilayah Bantul. Tanah longsor di jalan penghubung kompleks makam ini mengancam bangunan makam di kompleks makam HB IX, VIII, dan VII.

"Banyak yang retak-retak," ungkapnya. (Baca Juga: Banjir dan Longsor Terjang DIY, Dua Warga Bantul Tewas)

Bagian konblok di kompleks makam HB IX, VIII, dan VII juga terlihat retak-retak. Kondisi ini diduga akibat fondasi bangunan makam yang retak akibat gempa bumi 2006 silam. Retakan ini terus terisi air, sehingga menyebabkan longsor.

Untuk diketahui di bagian paling timur kompleks makam Raja-Raja Imogiri dibangun makam baru yang disebut dipersiapkan untuk makam HB X. Bangunan dari perluasan makam itu seluas 55 meter x 55 meter.

Namun proses pembangunan makam ini tak berjalan mulus. Sekitar Juli 2016 pembangunan makam yang belum genap berusia 1,5 tahun usai dikerjakan, sudah dibongkar lagi. Saat itu sejumlah titik di kompleks makam yang diperuntukkan bagi penerus Sri Sultan HB IX tersebut terlihat diperbaiki. Total anggaran yang digunakan untuk rehab ini sebesar Rp2,3 miliar. (Baca Juga: Diduga Tertimbun Longsor, Tiga Warga Bantul Belum Ditemukan)

Kompleks Makam Raja-Raja Mataram di Imogiri Longsor
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0461 seconds (0.1#10.140)