Kaum Muda Muhammadiyah Jateng Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Amin

Senin, 18 Maret 2019 - 10:33 WIB
Kaum Muda Muhammadiyah Jateng Deklarasi Dukung Jokowi-Maruf Amin
Deklarasi kaum muda Muhammadiyah Jawa Tengah yang tergabung dalam Relawan Indonesia Berkemajuan (RIB) di Semarang mendukung Jokowi-Maruf Amin. FOTO/IST
A A A
SEMARANG - Kaum muda Muhammadiyah Jawa Tengah membentuk relawan Rumah Indonesia Berkemajuan (RIB) untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Joko Widodo-Kh Maruf Amin .

Koordinator Wilayah RIB Jawa Tengah, Dian Iswanto mengatakan, RIB merupakan wadah generasi milenial Muhammadiyah yang mendukung Jokowi-Maruf Amin. Di dalamnya, berkumpul anak muda yang dulu pernah aktif di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM). Setelah melakukan diskusi mendalam akhirnya semua sepakat mendukung pasangan nomor urut 01, Jokowi-Maruf AMin.

"Sudah jelas terbukti kepemimpinan Jokowi bagus, tidak banyak carut-marut yang dihadapi Bangsa Indonesia. Kita kuat sekali mendukung beliau bepasangan dengan Maruf Amin. Progres pembangunan infrastruktur cepat sekali," katanya kepada SINDOnews, Minggu (17/3/2019). (Baca Juga: PKB Kumpulkan Seribu Kiai, Jokowi Mendadak Telepon)

Menurutnya, sekitar seribu anggota dari 35 kabupaten/kota di Jateng yang ikut deklarasi mendukung Jokowi-Maruf Amin pada Sabtu (16/3/2019) malam. RIB akan akan bergerak menangkal hoax atau berita bohong di tengah-tengah masyarakat. Para anggota akan membuat narasi untuk menyangkal isu-isu negatif.

"Kita buat pengkaderan dan memberikan pendidikan kampanye yang baik. Kalau di lapangan ada isu-isu negatif, kami yang akan meng-counter," katanya.

Dijelaskan, pembentukan RIB untuk mendukung Jokowi bukannya tanpa alasan. Selama 4,5 tahun Indonesia dipimpin Jokowi, kata Dian, pembangunan infrastruktur berjalan merata. Di Jawa Tengah, tol Trans Jawa sudah menjadi kebanggaan masyarakat Jateng karena jarak tempuh semakin pendek.

"Jarak tempuh Solo-Semarang tidak sampai dua jam. Dari alasan itu, kita tidak bisa mengelak untuk tidak memilih Jokowi," ujar alumnus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tersebut.

Sementara, Koordinator Nasional (Kornas) RIB Khairul Muttaqien mengatakan, dukungan terhadap pasangan Jokowi-Maruf Amin merupakan bentuk partisipasi politik anak-anak muda Muhammadiyah dalam menyukseskan Pemilu. Pihaknya optimistis, relawan anak Muda Muhammadiyah akan menggandakan kemenangan. "Target kemenangan hingga 80% di Jawa Tengah," ujarnya.

Deklarasi dukungan kepada Jokowi-Maruf Amin diwarnai dengan bagi-bagi buku "Jokowi Apa Adanya" karya Hery Sucipto. Sebanyak 600 eksemplar buku itu dibagikan kepada peserta deklarasi sebagai bekal kampanye mereka di tengah-tengah masyarakat. (Baca Juga: Muhammadiyah Tegas Tak Dukung Jokowi Maupun Prabowo)

Penulis Hery Sucipto menyatakan, buku "Jokowi Apa Adanya" membahas keseharian mantan Wali Kota Surakarta itu menjadi Presiden. "Pak Jokowi itu seorang sabahat bagi istri, anak, dan cucunya. Jokowi sejak jadi Wali Kota Surakarta sudah apa adanya. Sulit kita cari sosok seperti Jokowi dari kepemimpinan yang ada sekarang ini," kata alumnus Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir tersebut.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.0871 seconds (0.1#10.140)