Menikmati Kuliner dengan Pemandangan Embung dan Pegunungan

Senin, 18 Maret 2019 - 08:25 WIB
Menikmati Kuliner dengan Pemandangan Embung dan Pegunungan
Menikmati kuliner dengan pemandangan embung Rowobranten dan pegunungan. Foto/iNews/Eddie Prayitno
A A A
KENDAL - Satu lagi tujuan wisata alam dengan pemandangan embung serta pegunungan ada di selatan kabupaten Kendal Jawa Tengah. Pengunjung bisa menikmati kuliner tradisional sambil menyaksikan embung buatan serta pemandangan alam yang asri. Deretan pedagang kuliner tradisional menambah betah pengunjung dalam menikimati suasana. Ditambah lagi adanya spot swa foto sepanjang dinding pembatas jalan tol Batang-Semarang.

Embung Rowobranten terletak di pinggir jalan tol Batang-Semarang tepatnya di Desa Rowobranten Kecamatan Ringinarum Kendal Jawa Tengah. Sebelah selatan embung terlihat pemandangan pegunungan dan sawah yang asri serta sejuk. kawasan embung buatan ini dimanfaatkan kelompok sadar wisata Desa Rowobranten menjadi tujuan wisata baru yang murah.

Untuk menambah suasana agar pengunjung betah menikmati embung ini, sejumlah pedagang makanan tradisional menyiapkan kuliner khas Kendal. "Para pengunjung di sini bisa menikmati kuliner sembari menikmati suasana alam yang sejuk dan asri, sehingga makin membuat betah berlama-lama di lokasi ini," ungkat warga setempat Zaenal Faizin.

Sekretaris Desa Rowobranten Islachul Charirin mengatakan, dibukanya wisata embung ini usulan dari warga yang ingin mengenalkan embung ini ke daerah lain. Selain embung rowobranten, pengunjung juga ditawarkan keindahan pengunungan Sindoro dan Sumbing dari jauh, serta jalan tol Batang-Semarang yang persis berada di utara embung.

Untuk lebih menarik pengunjung, setiap minggu pagi digelar pasar dadakan dengan menjajakan kuliner khas Kendal dan berbagai kerajinan. "Harapannya dengan wisata embung ini, perekonomian warga sekitar bisa terangkat dan bisa membangkitkan wisata di kabupaten Kendal, terang Islahcul Charirin.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda Olah Raga Dan Pariwisata (Kadisporapar) Kendal Agung Setiawan mengatakan Embung Rowobranten ini merupakan wisata yang dikelola kelompok sadar wisata yang ke-41 di Kendal. "Ke depannya untuk lebih menarik pengunjung pihaknya berkordinasi dengan dinas perikanan untuk bisa memberikan bibit ikan ke dalam embung dan bisa dipancing pengunjung," tegas Agung Setiawan

Pemerintah Kabupaten Kendal sendiri mendorong setiap daerah yang mempunyai potensi wisata maupun potensi ekonomi warga bisa ditampilkan agar bisa dikenal sekaligus menjadi tujuan wisata alternatif di Kabupaten Kendal.
(mif)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1090 seconds (0.1#10.140)