Spanduk Nyleneh Caleg Terpampang di DIY

Senin, 18 Maret 2019 - 02:46 WIB
Spanduk Nyleneh Caleg Terpampang di DIY
Salah satu spanduk nyleneh milik caleg Partai Demokrat Ivo Yunike Sariani Siregar terpampang di dekat Stadion Mandalakrida Yogyakarta. FOTO/SINDOnews/Suharjono
A A A
YOGYAKARTA - Para calon anggota legislatif mulai tebar pesona dengan memasang alat peraga kampanye melalui baliho dan spanduk. Namun ada cara unik dilakukan caleg DPR dari Partai Demokrat yang terpampang di beberapa titik jalan di DIY.

Beberapa kalimat di antaranya adalah ini bukan contoh spanduk, ini Benaran Caleg . Kemudian buat apa susah susah itu tak ada gunanya .
Baru dibawah tulisan muncul nama Caleg DPR nomer urut 6 Ivo Yunike Sariani Siregar.

Beberapa spanduk tersebut terpampang di dekat Stadion Mandalakrida Yogyakarta dan perempatan di dekat Terminal Giwangan Yogyakarta. Selain itu, di beberapa daerah lain seperti, Sleman Bantul dan Gunungkidul juga terpasang spanduk yang nyleneh tersebut.

Menurut pemilik spanduk Ivo Yunike Sariani Siregar, konsep yang ia terapkan memang berbeda dengan caleg lainnya. Menurutnya, saat ini generasi milenial sudah tidak menginginkan hal formal untuk pengenalan diri. "Memang berbeda karena masyarakat butuh hal yang segar unik. Dan jenuh dengan hal formal setiap tahun politik," ungkapnya kepada SINDOnews, Minggu (17/3/2019).

Dijelaskannya, dengan gaya spanduk yang berbeda ini, justru menjadikan publik bertanya sehingga menjadi penasaran. Banyak dari masyarakat yang tertawa dan membaca siapa pemasangan spanduk yang ternyata milik caleg Ivo tersebut.

Dia berharap berpendapat, berpolitik yang serius memang perlu dilakukan sebagai bentuk kesiapan dan keseriusan terjun di dunia politik. Akan tetapi juga harus memperhatikan kondisi masyarakat dan menyesuaikan dengan perkembangan kultur yang ada di daerah masing-masing. Pendekatan yang santai dalam menjaring aspirasi masyarakat dan penyampaian visi misi yang tidak berbelit jauh akan mudah dicerna oleh masyarakat.

Menurutnya, ada beberapa segmen pemilih yang ia bidik dengan pemasangan spanduk-spanduk kampanyenya ini. Pertama adalah kaum muda dan kaum milenial. Dengan segala akses informasi yang bisa didapat oleh kaum ini, menurut Ivo dengan spanduk yang bisa dibilang unik ini, perhatian kaum muda dan milenial bisa didapatkan. "Di sisi lain saya juga ingin kerja nyata dimana mengkampanyekan diri semampu saya, sederhana namun meningkatkan kepercayaan masyarakat," lanjut dia.

Selain kaum muda dan milenial, segmen yang ia bidik adalah kaum perempuan di seluruh DIY. Hal ini karena keterlibatan kaum ibu-ibu dalam berpolitik masih sangat minim." Pengetahuan berpolitik yang masih belum maksimal serta perempuan yang masih dianggap belum mumpuni dalam segala hal membuat saya tergerak untuk memperjuangkan kesetaraan kaum perempuan," pungkasnya.
(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9617 seconds (0.1#10.140)