Sandi Singgung Tenaga Kerja Asing, Maruf Amin: Masih Terkendali

Minggu, 17 Maret 2019 - 22:17 WIB
Sandi Singgung Tenaga Kerja Asing, Maruf Amin: Masih Terkendali
Debat cawapres, Maruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno, di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019). Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A A A
JAKARTA - Tenaga kerja asing (TKA) menjadi salah satu poin yang diperdebatkan calon wakil presiden (cawapres) di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Cawapres nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno mempertanyakan beberapa kebijakan pemerintah terkait TKA kepada cawapres KH Maruf Amin. Sandi menganggap keberadaan TKA tidak adil di tengah pengangguran mencapai 7 juta orang.

"Di saat pengangguran 7 juta orang, kualitas tenaga kerja kita belum optiomal, pemerintah mencabut beberapa keharusan bagi tenaga kerja asing," katanya.

Di antaranya, keharusan berbagasa Indonesia, aturan tentang perbandingan TKA dan tenaga kerja lokal, dan berkaitan dengan visa TKA.

"Saudara-saudara kita belum dapat kesempatan kerja, justru diberikan kepada tenaga kerja asing," ujarnya.

Menjawab pertanyaan Sandi, Maruf Amin menegaskan jumlah TKA di Indonesia masih terkendali. "Jumlahnya di bawah 0,1 persen. Paling rendah di seluruh dunia," katanya.

Menurut dia, tenaga kerja asing hanya dibolehkan kepada bidang tertentu. "Saya kira itu kebijakan yang ada. Begitu juga untuk transfer teknologi, " ujarnya.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7994 seconds (0.1#10.140)