KH Maruf Amin dan Sandi Akan Berdebat dalam Enam Segmen

Minggu, 17 Maret 2019 - 19:15 WIB
KH Maruf Amin dan Sandi Akan Berdebat dalam Enam Segmen
Dua cawapres, KH Maruf Amin dan Sandiaga Salahuddin Uno akan mengikuti debat malam nanti di Hotel Sultan, Jakarta. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Debat ketiga Pilpres 2019 yang digelar Golden Ballroom Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (17/3/2019) malam ini, akan menampilkan calon wakil presiden (cawapres). KH Maruf Amin dan Sandiaga Shalahuddin Uno akan berdebat dalam enam segmen.

Berdasarkan informasi dari KPU, debat ketiga nanti akan berlangsung selama 120 menit. Debat akan dimulai pukul 20.00 WIB dengan membahas empat tema yaitu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, dan sosial-budaya.

Pada segmen pertama, kedua cawapres akan memaparkan visi, misi dan program masing-masing berdasarkan empat tema tersebut. Segmen pertama akan berlangsung selama 20 menit.

Pada segmen kedua, kedua cawapres akan menjawab pertanyaan dari panelis. Pada segmen ini masing-masing kandidat akan menjawab pertanyaan yang sama.

Selain itu, akan ada kesempatan kepada kedua cawapres untuk memberikan tanggapan atas jawaban mereka. Segmen kedua akan berlangsung sekitar 22 menit.

Selanjutnya, pada segmen ketiga, tetap akan ada pertanyaan dari panelis untuk kedua cawapres dengan disertai kesempatan untuk saling menanggapi jawaban. Pada segmen ini pertanyaan menyangkut tema sosial budaya dan ketenagakerjaan yang berlangsung sekitar 19 menit.

Pada segmen empat dan segmen lima moderator akan mempersilakan kedua kandidat saling berdebat secara bebas. Segmen empat dan lima tidak menggunakan pertanyaan panelis.

Hanya saja masing-masing kandidat cawapres akan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan sebagai pemantik debat bebas. Durasi untuk dua segmen ini masing-masing sekitar 18 menit.

Dan pada segmen enam, kedua cawapres diberikan kesempatan untuk menyampaikan pernyataan penutup secara bergantian. Berdasarkan susunan acara debat cawapres yang disusun oleh KPU, debat cawapres akan berakhir pukul 22.20 WIB.

Debat ketiga ini, akan dipandu jurnalis televisi, Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas. Siaran langsung debat cawapres bisa disaksikan di Trans TV, Trans 7, dan CNN Indonesia TV, serta link streaming dari sejumlah portal media nasional.

Pertanyaan untuk debat ketiga tersebut telah dibuat oleh sembilan panelis sebelumnya. Kesembilan panelis tersebut, yakni Rektor Universitas Hasanuddin Dwia Aries Tina Pulubuhu, Pegiat Budaya yang merupakan mantan Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Syiah Kuala Aceh Samsul Rizal, Rektor UIN Sunan Kalijaga KH.

Kemudian Yudian Wahyudi, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatra Utara Subhilhar, Budayawan Radhar Panca Dahana, Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah, Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia David S Perdanakusuma, dan Rektor Universitas Diponegoro Yos Johan Utama.

Tempat Debat Didominasi Warga Putih
Dari pantauan di lokasi terkini, panggung dan dekorasi ruangan sudah siap. Terlihat nuansa putih mendominasi panggung. Panggung dibuat seperti replika sebuah istana.

Di atas panggung ada tiga meja, dua meja kecil dengan satu kursi dan satu meja dengan dua kursi. Meja kecil itu berada di depan kursi, dikhususkan untuk cawapres Maruf Amin dan Sandiaga Uno.

Meja untuk cawapres berupa kotak berbentuk pilar yang ditopang satu tiang besi. Tidak ada laci di meja itu. cawapres hanya bisa meletakkan kertas dan alat pengeras suara di atas meja tersebut.

Sementara itu, ada meja cukup besar dengan dua kursi. Meja itu akan digunakan moderator debat, Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas moderator berhadap-hadapan dengan meja cawapres.

KPU menyediakan 450 kursi undangan untuk di dalam ruangan. Jumlah itu lebih sedikit jika dibandingkan dengan gelaran debat lalu, yakni 600 undangan.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1762 seconds (0.1#10.140)