alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Kubah Lava di Puncak Merapi Tumbuh 2.300 Meter Kubik Per Hari

Ainun Najib
Kubah Lava di Puncak Merapi Tumbuh 2.300 Meter Kubik Per Hari
Kubah lava yang berada di puncak Gunung Merapi rata rata tumbuh 2.300 meter kubik per hari. FOTO/ANTARA/Aloysius Jarot Nugroho

YOGYAKARTA - Gunung Merapi terus menggeliat. Kubah lava yang berada di puncak Gunung Merapi rata rata tumbuh 2.300 meter kubik per hari. Radius 3 kilometer dari puncak Merapi diimbau untuk dikosongkan dari aktivitas masyarakat.

Dikutip dari laporan aktivitas Gunung Merapi yang dikeluarkan oleh Balai Penyelidikikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan kubah lava dalam kondisi stabil dengan laju pertumbuhan yang relatif rendah. Volume kubah lava per 27 Desember 2018 sebesar 389.000 meter kubik dengan pertumbuhan yang masih rendah karena kurang dari 20.000 meter kubik per hari.

Aktivitas Gunung Merapi masih cukup tinggi dan ditetapkan dalam tingkat aktivitas waspada. "Radius 3 kilometer dari puncak agar dikosongkan dari aktivitas penduduk dan pedakian," kata Kepala BPPTKG Hanik Humaidah dalam laporannya, Jumat (28/12/2018).



Dalam pekan ini tercatat ada 19 kali gempa hembusan, 5 kali gempa vulkanik dangkal, 7 kali gempa fase banyak, 264 kali gempa guguran, 11 kali gempa low frekuensi serta 7 kali gempa tektonik. "Masyarakat di sekitar kawasan rawan bencana (KRB) III mohon meningkatkan kewaspadaan terhadap aktivitas Merapi," katanya. (Baca juga: Gunung Merapi Kembali Keluarkan Guguran Lava, Radius 3 Km Dikosongkan)



(AMM)

loading...