Begini Kronologi Operasi Tangkap Tangan KPK kepada Rommy

Sabtu, 16 Maret 2019 - 16:42 WIB
Begini Kronologi Operasi Tangkap Tangan KPK kepada Rommy
Wakil Ketua KPK, Laode M Syarif bersama penyidik KPK memerkan barang bukti uang dari hasil OTT Rommy dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (15/3/2019). Foto/SINDOnews/Rakhmatulloh
A A A
JAKARTA - Operasi tangkap tangan terhadap Ketum PPP, Romahurmuziy alias Rommy (RMY) dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik, Muhammad Muafaq Wirahadi (MFQ) dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur, Haris Hasanuddin (HRS) bermula dari laporan masyarakat

Selain RMY, MFQ dan HRS yang telah berstatus sebagai tersangka, tim KPK juga sebenarnya mengamankan tiga orang lainnya saat OTT berlangsung yakni Asisten RMY, Amin Nuryadin (ANY), caleg DPRD Kabupaten Gresik asal PPP Abdul Wahab (AHB) dan S, sopir MFQ.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Laode M Syarif mengatakan operasi tangkap tangan (OTT) menuturkan, kronologi tangkap tangan terhadap RMY, MFQ dan HRS bermula dari informasi yang diterima tim bahwa akan ada penyerahan uang pukul 07.00 WIB dari MFQ ke RMY di Hotel Bumi Surabaya.

"Diduga penyerahan uang dari HRS pada RMY melalui ANY terjadi pada pagi hari Jumat," ujar Laode dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Sabtu (15/3/2019).

Selanjutnya setelah tim mendapatkan bukti adanya dugaan penyerahan uang pada Pukul 07.35 WIB, tim mengamankan MFQ dan sopirnya bersama AHB di Hotel Bumi Hyatt, Surabaya. Dari MFQ tim mengamankan uang Rp17,7 juta dalam amplop putih.

"Setelah itu, tim mengamankan ANY yang telah memegang sebuah tas kertas tangan dengan logo salah satu bank BUMN yang berisikan uang Rp50 juta," ungkapnya.

Selain itu, dari ANY juga diamankan uang Rp70.200.000. "Sehingga total uang yang diamankan dari ANY diamankan Rp120.200,000," jelasnya.

Setelah itu, lanjut Laode, tim secara paralel mengamankan RMY di sekitar kawasan hotel pada pukul 07.50 WIB. Sekitar pukul 08.40 WIB dan di kamar hotel yang sama, tim KPK mangamankan HRS dan uang Rp18,85 juta. "Kemudian, semua pihak dibawa ke Mapolda Jawa Timur untuk pemeriksaan lebih lanjut," pungkasnya. (Baca Juga: Keluarga Yakin Rommy Tak Terlibat Korupsi(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5025 seconds (0.1#10.140)