UNS Award untuk Raja Keraton Solo PB XII

Sabtu, 16 Maret 2019 - 10:31 WIB
UNS Award untuk Raja Keraton Solo PB XII
Rektor UNS Profesor Ravik Karsidi menyerahkan penghargaan UNS Award Parasamya Anugraha Dharmakrida Widyatama Budaya yang diterima oleh perwakilan putra-putri Sinuhun Paku Buana XII didampingi Ketua Senat UNS Suntoro. FOTO/IST
A A A
SOLO - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Profesor Dr Ravik Karsidi MS menyerahkan penghargaan UNS Award Parasamya Anugraha Dharmakrida Widyatama Budaya kepada Raja Keraton Kasunanan Surakarta atau Keraton Solo, mendiang Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan (SISKS) Pakubuwana (PB) XII.

Penerimaan penghargaan diwakili putra-putri Sinuhun PB XII saat acara Mangayubagya Anugerah UNS Award kepada Almarhum SISKS Pakubuwana XII di Gedung dr Prakosa Rektorat UNS, Jumat (15/3/2019) malam.

Penyerahan penghargaan tertuang dalam SK Rektor UNS nomor 147/UN27/PP/2012. Dasar pertimbangan Raja PB XII menerima anugerah karena dianggap telah berjasa yang luar biasa dalam bidang pendidikan, dan kebudayaan, khususnya budaya Jawa.

“Sinuhun PB XII menurut kami telah berjasa luar biasa terhadap UNS. Beliau sangat perhatian pada pendirian UNS di Surakarta,” kata Rektor UNS Profesor Ravik Karsidi dalam siaran pers yang diterima Sabtu (16/3/2019).

Dulunya, UNS diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 11 Maret 1976 di Pagelaran Keraton Surakarta. Pada saat itu, PB XII menjabat sebagai Raja di Keraton Solo. Sosoknya sangat luar biasa dalam bidang pendidikan, utamanya pendidikan di UNS, dan mendorong pengembangan kebudayaan Jawa.

Sementara itu, mewakili putra putri PB XII, Kangjeng Gusti Pangeran Haryo (KGPH) Puger menjelaskan, pihaknya sangat berterima kasih atas perhatian yang luar biasa dari UNS kepada PB XII.

Dirinya berharap hal itu bisa menjadi suri teladan bersama, khususnya dalam hal pengembangan pendidikan dan kebudayaan Jawa.
“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini, kita tidak melupakan sejarah apa yang sudah pernah dilakukan para pendahulu, khususnya Sawarga Sinuhun Paku Buwana XII. Dan selalu ingat jatidiri kita sebagai wong Jawa,” kata Gusti Puger. Sebab di dalam budaya Jawa, terdapat nilai-nilai luhur yang agung bagi siapapun. (Baca Juga: UNS Beri Penghargaan Parasamya Anugraha Widyatama Makayasa ke BJ Habibie(nun)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0349 seconds (0.1#10.140)