alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Donokerto Sleman Masuk 6 Besar Lingkungan Bersih Nasional 2019

Priyo Setyawan
Donokerto Sleman Masuk 6 Besar Lingkungan Bersih Nasional 2019
Tim verifikasi lomba lingkungan bersih dan sehat nasional 2019 saat melakukan penilaian di Dusun Donoasih, Donokerto, Turi, Sleman, Jumat (15/3/2019). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

SLEMAN - Dusun Donoasih, Donokerto, Turi, Sleman mewakili DIY di ajang lomba lingkungan bersih dan sehat tingkat nasional 2019. Donoasih terpilih setelah dalam evaluasi masuk enam besar nominasi nasional, sehingga berhak maju ke tahap selanjutnya.

Sebagai tindak lanjut dari keberhasilan itu, tim verifikasi lomba lingkungan bersih dan sehat nasional melakukan penilaian di dusun tersebut, Jumat (15/3/2019).

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan, salah satu strategi menciptakan masyarakat yang sehat adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat melaksanakan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Dengan tertanamnya kebiasaan budaya hidup bersih, bukan hanya dapat mempermudah untuk mengaplikasikan pada kehidupan sehari-hari, tapi juga meningkatnya derajat kualitas
kesehatan warga.



"Karena itulah kami terus akan memberikan pendampingan dan pembinaan kepada warga tentang PHBS ini," kata Sri Purnomo saat menerima Tim verifikas lomba lingkunganĀ  bersih dan sehatĀ  nasional 2019.

Keberhasilan Dusun Donoasih masuk enam besar nominasi lomba lingkungan bersih dan sehat Tingkat Nasional bisa menjadi peluang bagi masyarakat untuk menorehkan prestasi di
Tingkat Nasional. Selain itu juga dapat menjadi inspirasi dan role model bagi dusun-dusun lainnya di Sleman dalam menerapkan PHBS.

"Saya berharap pola hidup bersih dan sehat tidak hanya menjelang lomba. Tapi juga menjadi bagian dari filosofi hidup agar terhindar dari berbagai macam penyakit," katanya.

Menurut bupati, penerapan pola hidup bersih dan sehat bagi masyarakat Sleman meningkatkan usia harapan hidup di Sleman dari waktu ke waktu. Saat ini usia harapan hidup di Sleman rata-rata 76,13 tahun. Angka tersebut lebih tinggi dibandingan usia harapan hidup nasional yaitu, 71,7 tahun.

Ketua tim verifikasi lomba lingkungan bersih dan sehat nasional 2019, Endang Budi Martini mengatakan lomba ini bertujuan agar seluruh masyarakat di Indonesia bisa melakukan kebersihan lingkungan. Lomba ini akan memperebutkan penghargaan Pakarti Utama 1, 2, 3, dan Pakarti Madya 1, 2, 3. Penghargaan akan diserahkan pada peringatan Hari Keluarga Nasional Juli 2019.



(AMM)

loading...