alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Empat Anggota Komplotan Pencuri Brangkas Dibekuk Polisi

Priyo Setyawan
Empat Anggota Komplotan Pencuri Brangkas Dibekuk Polisi
Dua tersangka pencuri brangkas ditunjukkan petugas kepada awak media saat ungkap kasus di Mapolsek Mlati, Sleman, Jumat (28/12/2018). FOTO/SINDOnews/PRIYO SETYAWAN

SLEMAN - Polsek Mlati, Sleman berhasil menangkap empat dari lima tersangka pencuri brangkas perusahaan yang berada di Jalan Magelang Km 7,5 Sendangadi, Mlati, Sleman, Selasa (26/12/2018). Mereka berinisial MW (38), HW (40), MR (43), dan NW (35), keempatnya warga Jakarta Utara. Satu tersangka lagi berinisial BY (38), juga warga Jakarta Utara,  masih dalam pengejaran petugas.

Kapolsek Mlati, Sleman Kompol Yugi Bayu mengatakan pencurian ini diketahui pertama kali oleh Cici (45), karyawan perusahaan tersebut. Saat masuk halaman kantor, dia melihat pintu pagar sudah terbuka ketika didekati gembok pagar sudah hilang. Mengetahui hal itu, kemudian memberitahukan kepada karyawan lain, Tutik untuk mengeceknya.

"Saat keduanya masuk, melihat pintu masuk kantor (rolling door) sudah terbuka dan gemboknya juga hilang. Karena curiga keduanya lalu masuk dalam ruangan kantor untuk mengecek," kata Yugi saat ungkap kasus di Mapolsek Mlati, Jumat (28/12/2018).



Menurut Yugi, kecurigaan mereka benar karena brankas penyimpan uang yang berada di ruangan kantor sudah tidak ada di tempat semula. Kejadian itu lalu dilaporkan ke Polsek Mlati.

"Petugas kemudian menindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan, di antaranya dengan melakukan olah tempat kejadian perkara dan meminta keterangan beberapa saksi," katanya.

Setelah mengembangkan penyelidikan, akhirnya petugas berhasil menangkap empat tersangka di Banyumas, 9 Desember 2018 lalu. Mereka ditangkap saat akan melakukan aksi yang sama di daerah tersebut. Dari para tersangka petugas juga menyita beberapa barang bukti di antaranya satu unit mobil yang digunakan untuk melakukan pencurian, tang besar, dan brangkas.

"Dari hasil pemeriksaan, ternyata mereka tidak hanya beraksi di Sleman tetapi juga di Magelang,"ungkap Yugi. Polisi akan mengembangkan kasus ini, termasuk mengejar tersangka BY. Para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan (curat). Ancaman hukuman 7 tahun penjara.



(AMM)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif