alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

KPK Amankan Lima Orang dalam OTT di Jawa Timur

Raka Dwi Novianto
KPK Amankan Lima Orang dalam OTT di Jawa Timur
uru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Edukasi Antikorupsi KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019). Foto/SINDOnews/Raka Dwi

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan lima orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Jawa Timur sepanjang pagi hingga siang, Jumat (15/3/2019).

"Jadi dari pagi sampai siang tadi setelah kami mendapatkan informasi akan ada transaksi yang diduga melibatkan penyelenggara negara, maka tentu saja sesuai dengan tugas dan kewenangan KPK kami harus menindaklanjuti hal tersebut," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung Edukasi Antikorupsi KPK, Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).

"Karena itu tadi pagi tim KPK mengamankan lima orang setelah diduga terjadi transaksi yang kesekian kalinya," sambungnya.



Febri menyebut transaksi tersebut bukan pertama kalinya dilakukan. Selain itu kelima orang tersebut berasal dari unsur penyelenggara negara

"Dari DPR RI anggota DPR RI, kemudian ada unsur swasta, dan dari unsur pejabat di Kementerian Agama pejabat di daerah ya di Kementerian Agama," ungkap Febri.

Hingga saat ini, kelima orang tersebut masih diamankan dan akan dilakukan klarifikasi dan pemeriksaan lebih lanjut di Polda Jawa Timur. "Jadi kami sampaikan juga terima kasih kepada pihak Polda Jawa Timur yang sudah fasilitasi dan membantu tim KPK yang ada di sana," tuturnya.

Rommy Dibawa Keluar Mapolda Jatim
Setelah menjalani pemeriksaan di Mapolda Jawa Timur, Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Muhammad Romahurmuziy (Rommy) dibawa keluar ruang penyidikan sekitar pukul 14.30 WIB. Belum diketahui secara pasti kemana pria yang akrab disapa Romy itu akan dibawa. Diduga Rommy diterbangkan ke Jakarta.

Sejumlah wartawan yang menunggu di luar ruang penyidikan dibuat kecele, karena Romy keluar dari pintu lain. Sebelumnya Rommy tersebut masih menjalani pemeriksaan di Ruang Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jatim.

Sekitar pukul 13.30 WIB, tiga penyidik KPK keluar dari ruang Subdit III Tipidkor Ditreskrimsus Polda Jatim dengan membawa sejumlah koper dan sejumlah dokumen yang diduga merupakan barang bukti tindak pidana korupsi.

Salah seorang penyidik KPK enggan menjawab saat ditanya mengenai isi dari koper tersebut. Penyidik tersebut juga enggan menjawab saat ditanya terkait status Rommy.

Dengan mengenakan masker, ketiganya masuk ke dalam mobil bersama koper tersebut. “Iya dia masih diperiksa,” kata salah seorang penyidik, Jumat (15/3/2019).



(AMM)